Home » » Pembahasan Lengkap Paragraf Persuasi

Pembahasan Lengkap Paragraf Persuasi

Pembahasan Lengkap Paragraf PersuasiParagraf Persuasi adalah peragraf yang bertujuan untuk meyakinkan pendengar ataupun pembaca untuk melakukan apa yang diinginkan pembicara ataupun penulis. Sekilas adalah pengertian paragraf persuasi.
Paragraf persuasi sering sekali kita temukan dalam kehidupn sehari hari. Paragraf ini juga sangat berguna untuk mengajarkan kita bagaimana membuat orang terpengaruh dan mau mengikuti keinginan kita.

Tujuan Paragraf Persuasi adalah untuk menajak pendengar atau pembaca mengikuti kehendak si penulis atau pembicara maka dalam hal ini penulisatau pembicara harus pandai pandai merangsang seseorang untuk mengambil keputusan tanpa kekerasan.Hal itu yang akan kita pelajari saat ini.

Perbedaan Argumentasi dan Persuasi


Tips menulis Paragraf Persuasi

  1. Dalam Menulis paragraf persuasi harus bisa menimbulkan kepercayaan
  2. Untuk menimbulkan kepercayaan dibutuhkan fakta
  3. Tempatkan diri anda di posisi pendengar atau pembaca.
  4. Berikan opini yang masuk akal
  5. Jangan menimbulkan konflik
Itu adalah sedikit tips dalam CARA MENULIS PARAGRAF PERSUASI. Untuk belajar teknis nya silahkan menuju ke artikel saya yang ini CARA MENULIS PARAGRAF PERSUASI.


Dasar-Dasar Paragraf Persuasi

Setelah membaca tips dari saya, saya akan menutip dari buku karangan Aristoteles "Rhetorica" yang berisi 3 syarat dalam menulis paragraf persuasi
  1. Watak dan kredibilitas dari penulis atau pembicara
  2. Kemampuan berbicara atau menulis untuk memainkan emosi
  3. Fakta fakta yang membuktikan suatu kebenaran.
Tanpa 3 hal diatas akan sangat sulit tujuan dari paragraf persuasi ini dapat tercapai.

1.Watak dan kredibilitas dari penulis atau pembicara

Watak dan kredibilitas dari penulis atau pembicara yang dimaksud adalah bahwa tiap orang punya watak yang unik. Apalagi masalah kredibilitas tentu saja tiap orang punya kreditibiltas yang berbeda beda. Semakin baik kredibilitas dan wataknya maka semakin mudah memepengaruhi lewat persuasi


2.Kemampuan berbicara atau menulis untuk memainkan emosi

Kemampuan ini tidak semua orang punya kemampuan ini. Disini penulis ataupun pembicara harus bisa mengendalikan emosi pendengar maupun pembaca agara bisa disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.

3.Fakta fakta yang membuktikan suatu kebenaran.

Syarat ini adalah bisa dibilang paling vital bukti yang kuat dan logis sangat mempu menggerakan orang untuk mengambil keputusan sesuai keinginan kita. Tapi bukti yang dimunculkan juga harus yang benar benar berkualitas dan teruji sehingga dapat dipercaya orang.


Kita sudah cukup panjang membahas itu saatnya membuat paragraf persuasi bagi yang bingung bisa melihat contoh disini " Contoh Paragraf Persuasi atau Persuasif" . Lalu kalau masih kurang lagi saya kira artikel di blog ini yang membahas persuasi sudah cukup untuk membantu para pembaca.

Jika ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar artikel Pembahasan Lengkap Paragraf Persuasi




Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 16.36

0 comments:

Poskan Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger