Home » » Tujuan Pembangunan Nasional

Tujuan Pembangunan Nasional

Tujuan Pembangunan Nasional -  karena bulan bulan ini aroma politik menjelang pemilu cukup kuat. Maka saya admin tommysyatriadi.blogspot.com akan membahas sedikit yang berbau politik tapi lebih ke edukasi juga.


Tujuan Pembangunan Nasional



Pengertian Pembangunan Nasional

Pembangunan nasional adalah upaya untuk memajukan seluruh aspek dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara sekaligus juga merupakan proses pengembangan dari keseluruhan sistem penyelenggaraan negara untuk mewujudkan Tujuan Nasional.


Tujuan Pembangunan Nasional


Tujuan pembangunan nasional dijabarkan dalam UUD 1945:

  1. Memajukan kesejahteraan umum 
  2. Mencerdaskan kehidupan bangsa 
  3. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial

Penjelasan Tujuan Pembangunan Nasional

Memajukan Kesejahteraan Umum


Indikator kesejahteraan melekat erat pada hal hal berbau ekonomi bagaimana rakyat punya daya beli terhadap bahan bahan pokok. Dalam mewujudkan Kesejahteraan pemerintah tentu mempunyai program yang bertujuan membangun sistem dan infrastruktur dalam mendukung perekonomian masyarakatnya.

Dalam pengertian kesejahteraan kita tahu kesejahteraan bukanlah masalah ekonomi saja ada masalah kesehatan, masalah keamanan dan kedamaian. Dalam mewujudkan ini pemerintah terutama yang sekarnag ini banyak mengeluarkan "kertu member" bagi orang yang kurang mampu agar bisa berobat. Walaupun masih kurang maksimal tentu saja kebijakan yang baik ini harus diapresiasi.

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa


Ini erat kaitannya dengan masalah pendidikan di Indonesia. Pendidikan merupakan indikator penting dalam kemajuan pembangunan nasional. Kualitas pendidikan yang merata tentu akan mendukung pembangunan yang merata pula. Pemerintah dalam hal ini juga saya rasa sudah ada usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan walau kita pun tahu masih banyak yang putus sekolah. Kebijakan pemerintah yang mendukung  pendidikan seperti bantuan dana BOS ataupun progam wajib belajar bahkan ada di daerah tertentu yang membuat program sekolah gratis untuk siswanya. 


Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial


Bagian ini kurang relevan dengan pembangunan nasional. Tujuan melaksanakan ketertiban dunia adalah menjadikan indonesia negara yang aktif namun tidak tepengaruh oleh kekuasaan 2 blok yang ada. 



Demikian adalah Tujuan Pembangunan Nasional 

Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 11.00

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger