Home » , , , » Makanan Khas Balikpapan

Makanan Khas Balikpapan

Makanan Khas Balikpapan membuktikan bahwa Indonesia benar-benar kaya akan kulinernya.
Indonesia memiliki makanan khas yang sangat beragama dan nikmat. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Makanan Khas Balikpapan. Sebelum memulai nama-nama kulinernya mungkin ada yang belum tahu dimana letak balikpapan itu??? Balikpapan itu terletak di Provinsi Kalimantan Timur.


Makanan Khas Balikpapan:

Makanan Khas Balikpapan sangat identik dengan bahan olahan laut.Terutama yang paling terkenal ialah kepiting kenari. Namun hati-hati jangan makan terlalu banyak olahan yang mengandung kolesterol dapat menyebabkan diabetes.Baca ciri diabetes disini


1.Bonting

Makanan Khas Balikpapan
Bonting sendiri sebenarnya merupakan olahan abon namun orang sering menyebut olahan ini dengan nama Bonting.Bonting terbuat dari bahan dasar kepiting yang kemudian diolah menjadi abon. Karena rasanya yang khas dan sangat terkenal maka masyarakat balikpapan menyebutnya bonting. Asal namanya sendiri saya sendiri kurang tahu.

2.Amplang

Makanan Khas Balikpapan
Amplang adalah jenis cemilan yang terbuat dari campuran ikan laut , tepung tapioka, dan bumbu-bumbu lainnya. Makanan ini juga bentuk olahan laut di daerah Balikpapan. Selain bisa dijadikan cemilan bisa juga sebagai lauk pada saat makan nasi.

3.Olahan Abon

Makanan Khas Balikpapan
Olahan abon di Balikpapan sangatlah unik . Tentunya sama alasannya keunikan ini terjadi karena keanekaragaman olahan laut dan ketersediannya.Olahan abon yang paling terkenal ialah Bonting yang merupakan olahan abon yang berbahan dasar kepititng. Selain itu masih ada beberapa olahan abon lainnya seperti Abon Ikan Tuna,Kepiting dan Udang

4.Olahan Bahan Laut Khas Balikpapan

Makanan Khas Balikpapan
Makanan khas Balikpapan yang unik kebanyakan berbahan dasar laut. Tentu saja karena letak dan posisi mereka yang memungkinkan adanya ketersedian bahan makanan laut yang melimpah. Sehingga, banyak sekali warganya yang memanfaatkan bahan olahan yang banyak menjadi makanan yang luar biasa enaknya.
Beberapa yang terkenal ialah olahan Kepiting,udang, dan ikan



Semoga makanan khas balikpapan bisa membuat kita bangga telah menjadi bagian dari Indonesia


Baca Juga Makanan Khas Indonesia Berikut:

1.Makanan Khas Indonesia
2.Makanan Khas Yogyakarta atau Jogja
3.Makanan Khas Garut
4.Makanan Khas Tegal
5.Makanan Khas Balikpapan
6.Makanan Khas Jambi
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 16.32

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger