Home » » Ciri-Ciri Paragraf yang Benar

Ciri-Ciri Paragraf yang Benar

Ciri-Ciri Paragraf yang Benar
Ciri-Ciri Paragraf yang Benar sangat perlu untuk dipelajari. Karena tiap kali kita menulis tulisan terutama tulisan resmi maka harus memperhatikan aturan penulisan paragraf. Saya sangat tertarik untuk membahas macam-macam paragraf dan karangan semua bisa anda temukan di blog ini. Mungkin tidak semua orang paham dengan cara menulis yang benar. Oleh karena itu mari kita belajar bersama tentang Ciri-Ciri Paragraf yang Benar.


Ciri-Ciri Paragraf yang Benar

1. Cara Penulisan


Ciri yang unik dari penulisan sebuah paragraf ialah. Diawali dengan block stlye atau bisa disebut bertakuk. Contohnya seperti ini

"     Pada zaman dahulu kala dst..
Lalu ia pun...."(perhatikan warna hijau)

Sedangkan pada penulisan baris selanjutnya ditulis biasa saja. Namun mungkin banyak yang bingung berapa jauh jarak antara kata pertama pada awal paragraf dengan batas ujung bagian kiri. Dalam penulisan awal paragraf biasanya digunakan 5 kali spasi(spasi ditekan 5 kali) itulah jarak yang ideal dalam membuat awal paragraf.Tapi untuk kondisi tertentu ada juga yang menggunakan 8 kali spasi. ini dibedakan tergantung dengan jenisnya jika yang mau dibuat adalah paragraf dalam karangan biasa sebaiknya gunakan 5 spasi kalau surat resmi dan  formal sebaiknya gunakan 8 kali.

2. Isi Paragraf

Ciri pada Isi dari paragraf yang baik dan benar ialah hanya mengembangkan 1 pikiran utama . Sebuah paragraf yang baik memiliki ciri bahwa isi paragraf itu merupakan pengembangan dari kalimat topik yang bisa terletak dia awal paragraf(deduktif) bisa juga terletak di akhir paragraf(induktif). Selain itu juga terdapat berbagai kalimat penjelas untuk menjelaskan kalimat topik.

Setelah saya membahas sedikit membahas tentang ini semoga yang membaca bisa mengerti tetang Ciri-Ciri Paragraf yang Benar
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 15.52

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger