Home » » Tips Buat Anak Jadi Gemar Menabung

Tips Buat Anak Jadi Gemar Menabung

Tips Buat Anak Jadi Gemar MenabungAnak yang Gemar Menabung tentu lebih bisa mengatur keuangan dibanding yang tidak suka menabung. Orang tua sejak kita kecil dulu selalu mengajarkan menabung. Mungkin dulu kita sebagai anak malas sekali menabung . Tapi disinilah peran orangtua untuk membuat anak yang tidak suka menabung
menjadi suka menabung demii masa depan si anak. Karena dengan menabung tidak hanya untuk mengumpulkan uang untuk dipakai disaat genting tapi dengan menabung anak juga belajar mengolah uang dengan hemat.


Tips Buat Anak Jadi Gemar Menabung

1.Berikan Contoh

Orangtua terutama keluarga ialah tempat pertama anak belajar sesuatu. Jika orangtua memberi teladan dan contoh nyata menabung maka tentu anak akan belajar tentang menabung. Tipsnya ialah ajak anak anda melihat proses menabung. Biarkan pada awalnya ia bingung lalu beri pengertian tentang tujuannya.

2.Siapkan Prasarana

Tentu ini sangatlah fital dalam membangun anak yang gemar menabung. Siapkan celengan yang ia suka bentuk dan modelnya agar ia semakin tertarik untuk menabung. Biarkan ia memilih celengan yang bentuknya ia suka. Itu akan membuatnya sayang terhadap celengannya.

3.Buat ini Terlihat Menarik

Anak sangat suka dengan permainan dan apapun yang menarik perhatian. Buat sebuah permainan yang dimana ujung-ujungnya ialah si anak harus menabung uang nya. Anda bisa mengambil permainan yang umum seperti monopoli ataupun yang sederhana seperti ular tangga.

4.Motivasi Anak Anda

Anak kecil pun butuh motivasi untuk terus konsisten menabung. Tanyakan bagaimana keadaan tabungannya sebulan atau 2 bulan sekali. Biarkan dia membeli barang yang ia suka dengan uang tabungannya. Ini akan membuat ia mengerti apa manfaat menabung . Minta ia buat daftar barang yang mau ia beli dengan tabungannya. Motivasti terus anak anda agar ia terus bersedia menyisihkan uangnya untuk membeli apa yang ia inginkan

5.Buat Anak Pahami Arti Uang

Ini sangatlah penting karena kalau anak tidak mengerti apa itu uang akan sangat susah mengajasi nya apalagi membuatnya gemar menabung. Beri pemahaman darimana asal uang bagaimana uang diproduksi bagaimana uang diedarkan. Tentu juga bagaimana mendapatkan uang. Dan yang paling penting ialah apa tujuan orang punya uang dan apa manfaatnya.


Sedikit Tips dari buku yang saya baca..

Tips Membangun Anak Yang Gemar Menabung

Seperti pada bahasan sebelumnya kalau pengertian tentang uang sangatlah penting. Tapi anda harus baca ini sebelumnya


1. Anak Sukar Mengerti Konsep Masa Depan


Anak pada umunya sangat sulit menangkap bagaiamana hal-hal yang akan terjadi di masa depan . Seperti pensiun , investasi dll. Daripada anda berusaha menjelaskan menabung dengan tujuan masa depan lebih baik dan lebih bijak anda beri pengertian bahwa menabung memiliki tujuan jangka pendek yang harus dipenuhi. Soal jangka panjang dan jangka pendek akan tumbuh bersamaan dengan emosianal si anak.

2.Bagi Anak Kekayaan Itu Berasal Dari Cinta Bukan Kaya atau Miskin


Mungkin anda sedikit kaget mendengarnnya tapi ini ialah fakta. Jadi lebih baik anda menggunakan kata-kata perlindungan atau keamanan dari pada kekayaan atau kemiskinan.

3.Anak-Anak Tahu Menggunakan Uang


Bagi anak yang telah tumbuh sebagai anak kecil yang suka jajan membeli hal-hal yang ia mau. Sebenarnya dalam dirinya ia sudah mengerti fungsi dari uang . Tapi yang ada dalam pikiran mereka ialah uang bisa ditukarkan dengan hal-hal yang menarik seperti permen dan mainan.



Jika anda sudah memperhatikan semua tips saya yakin akan membantu membuat anak anda gemar menabung
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 04.00

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger