Home » , » Makanan Khas NTT - Nusa Tenggara Timur

Makanan Khas NTT - Nusa Tenggara Timur




Makanan Khas NTT adalah salah satu bagian dari kekayaan budaya terutama di bidang kuliner negara kita. Selain bertemakan pendidikan karakter dan moral blog ini juga saya juga cukup sering memposting tentang makanan khas daerah daerah terutama yang berada di Indonesia. Kali ini saya akan coba membahas makanan khas yang berasal dari nusa tenggara timur - ntt.
Makanan Khas NTT - Nusa Tenggara Timur
Peta Ntt (sumber:google.com)


Nusa Tenggara Timur sendiri terletak di bagian tenggara negara Indonesia. Provinsi ini di dominasi oleh beberapa pulau yaitu Flores , Sumba dan juga Timor Barat. Saya yang berasal dari provinsi ini sangat menyayangkan kalau SDA yang ada di provinsi NTT belum bisa mensejahtarakan rakyatnya. Siapa yang tidak tahu Pulau Komodo yang bahkan diakui oleh dunia. Tapi keadaan sekitar masih jauh dari kata sejahtera. Salah satu faktor penyebabnya masih rendahnya SDM dan juga tingkat korupsi oleh pemerintahnya yang sangat tinggi (NTT salah satu provinsi yang jumlah kasus korupsi tergolong tinggi di Indonesia). Oleh karena itu saya ingin sedikit memberi tahu para pembaca tentang bagaimana kayanya kuliner negeri ini termasuk NTT.

Makanan Khas NTT - Nusa Tenggara Timur


1. Sambal Ikan Teri

Makanan Khas NTT - Nusa Tenggara Timur
Di daerah Ntt ikan teri cukup populer sehingga dijadikan makanan yang cukup familiar. Cara membuat makanan yang satu ini juga tidaklah susah. Pertama tama panaskan minyak lalu masukkan lengkuas dan daun jeruk kamudian masukkan ikan teri tambahkan garam lalu aduk hingga kering. Sebenarnya resep paten untuk membuat makanan ini tidak ada karena cara membuatnya bisa dikreasikan dan disesuaikan dengan selera masing masing.

2. Seafood

Makanan Khas NTT - Nusa Tenggara Timur
Seperti dijelaskan diatas bahwa provinsi ini terdiri dari pulau pulau tentu saja banyak warga di pesisir pantai yang berprofesi sebagai nelayan. Banyak makanan khas yang berbahan dasar hewan laut. Beberapa contohnya ialah Gurami asam manis lalu ada tongkol bakar. Saya pernah mencoba olahan ikan di daerah Manggarai dan saya yakin rasanya sangat enak bukan karena bumbunya. tapi karena ikan yang diperoleh masih segar dan rasanya berbeda dengan ikan yang sudah disimpan yang mmebuat rasanya lebih nikmat..
Selain itu kamu juga bisa tahu bagaimana kehidupan nelayan di NTT.

3.Tumisan

Makanan Khas NTT - Nusa Tenggara Timur
 Selain itu daerah ini juga makanannya cukup banyak yang merupakan tumisan seperti plecing kangkung. Selain itu juga ada kuliner yang cukup unik yaitu tumis bunga pepaya. Saya yakin belum banyak yang pernah mencoba makanan khas yang satu ini. Rasanya cukup unik dahulu saya berberapa kali mencobanya dan saya jarang menemukan makanan yang rasanya hampir sama jadi makanan ini cukup unik.


Nusa Tenggara Timus menyimpan kekayaan budaya dan alam yang luar biasa mari bersama kita majukan parwisata di Indonesia dengan hal kecil yang bisa kita lakukan. Saya blogger dan cara saya ialah menulis artikel ini. Anda para pembaca saya sarankan cara membantu promosi negeri ini dengan berbagi artikel ini pada kerabat anda.


Setelah mencari cari saya baru menemukan 3 buah makanan khas diatas. Saya harap para pembaca yang mengetahui beberapa makanan khas yang lainnya untuk membantu saya melengkapi artikel ini. Saya sangat berharap dari pertolongan kalian. Silahkan tinggalkan komentar di artikel Makanan Khas NTT - Nusa Tenggara Timur
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 04.00

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger