Home » » Sistem Politik Cina

Sistem Politik Cina

Sistem Politik CinaSistem Politik Cina yang merupakan salah satu negara besar di dunia perlu kita pelajari untuk menambah wawasan tentang negara yang sekarang dalam masa jayanya.Selain berjaya di bidang ekonomi negara ini juga memang merupakan negara dengan luas paling besar juga jumlah penduduk paling banyak di dunia.Sebelumnya baca juga artikel saya sebelumnya ya biar nambah ilmu Contoh Paragraf Analogi dan juga Makanan Khas Medan

Untuk sampai ke masa yang jaya seperti sekarang Cina melewati berbagai perjalanan yang panjang yang berat. Mulai dari tahun 1911 sampai 1949 Cina telah menghadapi berbagai perubahan besar dalam sistem perpolitikan negara tersebut

Revolusi Sistem Politik Cina

1.Revolusi Pertama


Revolusi yang pertama terjadi pada tahun 1911 yang merupakan awal dari perubahan besar. Revolusi ini mengubah sistem poltik yang dulunya Monarki Absolut menjadi Republik tentu kita tahu bahwa sistem monarki absolut telah ada lama sekali di Cina sejak zaman kerajaan Cina yang jaya dahulu kala. Revolusi ini dipimpin oleh Dr. Sn Yet Sen.

2.Revolusi Kedua


Revolusi yang kedua ini terjadi pada tahun 1928 yang merupakan perubahan menjadi adanya pusat pemerintahan yang baru di bawah pimpinan Kuomintang(Partai Nasionalis) . Sistem baru ini menggusur sistem sebelumnya yaitu sistem panglima perang yang terpecah pecah. Dengan sistem yang didominasi oleh satu partai maka pemerintahan lebih terorganisis dan terpusat.

3.Revolusi Ketiga

Revolusi besar besaran yang ketiga terjadi pada tahun 1949. Revolusi besar besar an terjadi dengan menggulingkan partai nasionalis lalu yang berkuasa adalah partai komunis(sampai saat ini). Saat itu partai komunis dipimpin oleh Mao Tse Tung.


Sejak saat itu tepatnya tanggal 1 Oktober 1949 Republik Rakyat Cina resmi diproklamasikan.
Sejak tahun 1982 Cina menetapkan konstitusinya dan menyebutkan kalau bentuk negarnya adalah negara sosialis yang demokrasinya dipimpin oleh kaum buruh dan tani.

Kekuasaan yang berada pada rakyat dijalankan oleh Konggres Rakyat Nasional dan juga Konggres Rakyat Lokal yang berbeda menurut tingkatannya.

Kedudukanyang dipegang oleh konggres rakyat nasional merupakan posisi yang sangat vital sebagai pemegang kekuasaan tertinggi .Dalam pelaksanaan tugasnya Konggres Rakyat Nasional membentuk komite tetap untuk membantu tugasnya. Adapun Konggres Rakyat Nasional merupakan wakil dari tiap provinsi dan kotamadya dibawah kekuasaan Cina. 

Sistem Politik Cina

Jadi dapat kita simpulkan bahwa Cina adalah negara dengan bentuk pemerintahan republik. Bentuk negara kesatuan.Menganut sistem demokarasi.Negara Cina menganut peham sosialis.Pemegan kekuasaan tertinggi adalah Konggres Rakyat Nasional yang dipimpin oleh kaum buruh dan tani.


Dengan belajar sistem politik Cina kita belajar bahwa untuk jadi nnegara yang besar perlu adanya perubahan besar yang didasari niat untuk menjadi lebih baik bukan hanya mengincar kekuasaan semata. Untuk menjadi bangsa yang besar suara semua kaum harus didengarkan bukan hanya kepentingan segelintir orang yang berkuasa.Seperti Cina yang menetapkan posisi kaum buruh dan tani di posisi yang penting.Seingga kelak Indonesia bisa menjadi negara terkaya di dunia

Sekian bahasan saya tentang Sistem Politik Cina

Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 14.56

0 comments:

Poskan Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger