Home » » Sistem Politik Prancis

Sistem Politik Prancis

Sistem Politik PrancisSistem Politik Prancis adalah topik yang akan kita bahas kali ini. Sebelumnya saya juga telah memposting tentang sistem politik Cina. Prancis merupakan negara yang terletak di Eropa. Dahulu kala Prancis menganut sistem politik yang berbentuk negara monarki absolut. Awalnya tidak terjadi masalah tapi di akhir masa sistem politik monarki ini tepatnya pada zaman Raja Louis XIV rakyat sudah tidak betah dengan keadaan yang dimana sanga raja bertindak semena mena. Pada tahun 1789 rakyat terutama para buruh berusaha menggulingkan pemerintahan Raja Louis XIV dengan menghancurkan Penjara Bastile yang menjadi lambang monarki Prancis sejak itulah sistem politik Prancis yang monarki telah berakhir.


Sistem Politik Prancis biasanya juga disebut dengan istilah Republik Kelima. Prancis mengenal pemerintahan republik pertama hingga pemerintahan republik kelima. Kondisi ini hampir sama dengan sistem politik Indonsia yang terdiri dari orde lama dan orde baru.

Sistem Politik di Prancis sekarang adalah Republik Kesatuan dengan sistem pemerintahan semi presidensial.Badan Legislatif Prancis terbagi menajadi 2 kamar (bicameral) yaitu Assemble Nationale dan Senat.

Sistem pemerintahan di Prancis dijalankan oleh kabinet yang anggotanya terdiri dari dewan - dewan menteri berada dibawah kepemimpinan Perdana Menteri. Sedangkan Presiden bersama dengan Sidang Nasional dan Senat akan mengangkat Dewan Konstitusi. Tugas utama  Dewan Konstitusi  adalah mengawasi ketertiban dalam proses pemilihan presiden dan parlemen serta mengawasi pelaksanaan referendum

Sistem Politik Prancis yang pemerintahannya adalah republik kelima (1958) posisi presiden sangatlah kuat karena Presideng mengangkat Perdana Menteri dan dapat membubarkan parlemen.  



Jadi dapat kita simpulkan bahwa Perancis merupakan

Bentuk Negara: Kesatuan
Bentuk Pemerintahan: Republik
Sistem Kabinet: Ministrial
Bentuk Legislatif: Bicameral(2 kamar)
Kepala Negara:Presiden
Kepala Pemerintahan:Presiden dibantu oleh Perdana Menteri

Demikianlah Sistem Politik Prancis

Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 18.56

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger