Home » » Tips Membangun Semangat Belajar

Tips Membangun Semangat Belajar

Tips Membangun Semangat BelajarMembangun Semangat Belajar bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi dengan begitu banyak godaan yang datang seperti godaan menonton TV maen game dan masih banyak lagi. Itulah tantangan pelajar zaman sekarang yang banyak membuat orang tua kebingungan untuk membantu anaknya sukses dalam belajar.

Membangun Semangat Belajar juga menjadi tantangan tersendiri bagi guru disekolah bagaimana mereka membuat anak didiknya setidaknya punya kesadaran untuk belajar lebih. Apalagi dengan waktu ketemu rata rata 6-7 jam perharinya sedangkan siswa melakuakan banyak hal diluar jam sekolah. Tentu disini lah yang membedakan guru yang berkualitas dan tidak.


Tips Membangun Semangat Belajar


1.Sebagai Orang Tua


Anda bisa menciptakan kondisi rumah yang nyaman untuk anak belajar. Orangtua juga bisa mengajari cara belajar yang efektif agar anak tidak membuang waktu terlalu banyak untuk memahami 1 materi.
Orang tua juga berperan besar untuk menentukan aturan atau jatah bermain si anak aturlah dengan bijak agar hasilnya maksimal.
Orangtua juga bisa memberikan penyemangat belajar seperti hadiah dan imbalan lainnya. Tapi diusahakan agar anak bisa tumbuh semangat belajarnya bukan tergantung dari imbalan tersebut jadi jangan terlalu sering meberi imbalan untuk hasil belajarnya.

Orang tua juga memiliki peran penting untuk memberikan kesadaran kepada anak untuk mengerti pentingnya belajar dan apa saja keuntungannya.

2.Siswa.


Semua keberhasilan tips ini bergantung pada siswa. Jika tidak diterima dengan baik semua tips kali ini hanyalah sia sia.

1.Bangun kesadaran kalau sukses itu bisa dicapai
2.Bangun kesadaran kalau belajar adalah kegiatan yang baik untuk membantu kelak ketika dewasa nanti
3.Usahakan Pasang Target dalam ujian atau ulangan
4.Biasakan untuk mempersiapkan tiap test dengan motivasi yang tinggi
5.Motivasi diri anda dengan keinginan prestasi di bidang pendidikan
6.Buat rencana jangka panjang untuk pendidikan anda

Dengan melakukan semua hal diatas pastinya siswa mulai akan bersemangat belajar. Intinya ialah siswa merasa beljar ialah kebutuhan untuk mencapai targetnya. Komitmen untuk tetap mengejar target adalah kunci keberhasilannya.


3.Sekolah

Di sekolah tidak banyak yang bisa diubah. Tapi untuk yang mau masuk ke sekolah baru pilih lah sekolah yang rutin memberi tugas. Agar siswa lebih termotivasi lagi pilihlah sekolah yang berhasil menciptakan iklim persaingan yang ketat dan sehat.Tentunya juga pilih sekolah yang berfasilitas yang mendukung sehingga siswa bisa menyalurkan minat dan bakatnya. Dengan kondisi yang mendukung tentu siswa akan lebih terpacu untuk berprestasi lebih lagi..

Itu adalah sedikit pendapat saya bagaimana meningkatkan semangat belajar anda. Mungkin tiap orang punya cara belajar masing masing tapi kalau ada yang mau nambahin silahkan komentar disini di artikel                Tips Membangun Semangat Belajar

Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 20.03

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger