Sponsor

Bantu saya vote +1 pada tombol google plus di bawah!!

×
Home » » 5 Makanan Khas Myanmar

5 Makanan Khas Myanmar

5 Makanan Khas Myanmar
Makanan Khas Myanmar juga ternyata enak enak rasanya. Myanmar adalah salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Negara yang terkenal akan panggilan Burma memiliki makanan khas yang sangat beragam dan juga nikmat. Makanan Khas ini sangat dipengaruhi perkembangan dan juga kateristiknya oleh India China dan juga Thailand karena berbatasan dengan wilayah tersebut. Myanmar sendiri terletak pada 19°-45′ lintang utara 96°-6′ bujur timur. Myanmar memiliki populasi yang cukup besar pada tahun 2010 sekitar 60 juta dan juga punya daerah yang seluas 676,578.  Itulah gambaran singkat seputar Burma atau Myanmar



Makanan Khas Myanmar sendiri yang mendapat pengaruh dari daerah sekitarnya ini punya ciri khas produk ikan yang menonjol. Tapi perlu diketahui dibanding luas daratan Myanmar yang seluas 676,578 luas lautannya hanya 3,06. Kalau kamu mengamati peta Myanmar akan sangat jelas kalau negara ini dihimpit oleh negara tentangganya sehingga hampir tidak punya lautan. Bagi yang akan mengunjungi  negara ini saya sudah siapkan daftar makanan khas Myanmar yang lezat.


Makanan Khas Myanmar

1. Khauk swè thoke

Khauk swè thoke
Mungkin nama makanan khas yang satu ini agak asing di telinga kita. Makanan yang satu ini bentuknya seperti mie dan memang ini adalah mie khas Myanmar. Bahan utama mia ini adalah gandum tentu ini sangat baik dan menyehatkan. Makanan ini terdiri atas udang kering, irisan kol, wortel. Di bumbui dengan saus kacang goreng dan ditambahkan dengan kecap ikan.

2. Mohinga

Mohinga
Mohinga adalah makanan resmi atau makanan nasional Myanmar maka pasti merupakan makanan khas negara ini. Makanan ini terbuat dari bihun yang dicampur dengan kaldu ikan. Bumbu nya ialah jahe, bawang putih, serai dan juga ditambah dengan irisan pisang secara mendatar. Biasanya makanan ini makan dengan tambahan telur rebus dan gorengan ikan.



3. Tofu thoke

Tofu thoke
Makanan Tofu Thoke berbahan dasar tahu (Tofu). Di Indonesia juga banyak dijumpai makanan berbahan dasar tahu. Di Myanmar olahan tahu yang khas adalah Todu thoke. Makanan ini berbahan dasar tahu kuning yang kemudian dipotong potong kecil  dan ditambahkan saus kacang, cuka beras, cabe kering panggang hancur, bawang putih cincang, hancur kacang goreng, bawang renyah goreng, dan ketumbar. Pasti rasanya nikmat dan unik tentunya.

4. Thayet chin thoke

hayet chin thoke
Makanan ini cukup unik karena merupakan hasil fermentasi. Bahan yang difermentasi adalah mangga hijau. Makanan ini dibumbui dengan bawang, cabai, kacang goreng, wijen dan juga saus kacang. Makanan yang merupakan cemilan ini sangat menari dan enak rasanya. Saya sangat merekomendasikan makanan yang satu ini karena tidak di semua tempat kamu bisa menemukan makanan khas Myanmar ini. 

5. Lahpet thoke

Lahpet thoke
Makanan khas yang satu ini terbuat dari  Salad daun teh acar goreng yang ditambahkan kacang polong, kacang tanah dan bawang putih, wijen, bawang putih segar, tomat, cabai hijau, udang kering yang dihancurkan, jahe yang diawetkan dan ditambahkan saus kacang dan kecap ikan.


Itulah 5 makanan khas Myanmar yang rasanya cukup khas dan sangat menarik untuk dicoba. Tapi tetap saja sebagai warga negara Indonesia kita harus sadar akan kekayaan bangsa kita yang tidak kalah dengan bangsa lain. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi setengah setengah alias nanggung. Oleh karenai itu saya sempatkan mencari video tentang makanan khas yang berasal dari Myanmar. Setelah menccari cari saya menemukan 1 video yang saya rasa pas dengan artikel ini. Berikut saya sertakan video tentang Mohinga.

Itulah sekilas tentang Makanan Khas Myanmar.
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 13.30

0 comments:

Poskan Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger