Home » » Pengertian Paragraf Persuasi

Pengertian Paragraf Persuasi

Paragraf Persuasi adalah paragraf yang dibuat dengan tujuan meyakinkan pembaca. Itulah gambaran sederhana dari jenis paragraf yang satu ini. Tapi jangan salah jenis paragraf yang satu ini tidak sesederhana itu karena dalam meyakinkan seseorang kita butuh teknik dalam penggunaan bahasa yang baik agar pembaca dapat tertarik dengan apa yang ingin kamu sampaikan. Bagian utama atau yang pasti kita temukan dalam Paragraf Persuasi adalah bagian bujukan terhadap pembaca. Itulah sekilas tentang Paragraf Persuasi.
Pengertian Paragraf Persuasi


Setelah paham dengan penjelasan singkat saya diatas. Saya akan mengingatkan atau membaritahu kepada para pembaca bahwa. Sebelum artikel ini ditulis saya telah menyempatkan untuk sedikit berbagi tentang paragraf persuasi. Tiap artikel yang saya buat saya yakin punya manfaat yang besar dan punya informasi yang bagus terutama bagi para pembaca yang sedang belajar paragraf persuasi.Beberapa artikel diantaranya adalah:

Pembahasan Lengkap Paragraf Persuasi
Cara Membuat Paragraf Persuasi
Contoh Karangan Persuasi
Contoh Iklan Persuasi
Contoh Paragraf Persuasi

Rencana saya dalam membahas paragraf persuasi ini adalah di artikel Pembahasan Lengkap Paragraf Persuasi nanti akan saya buat part selanjutnya yang akan membahas paragraf persuasi lebih dalam lagi. Sedangkan artikel ini "Pengertian Paragraf Persuasi" akan lebih membahas tentang pengertian agar para pembaca lebih paham tentang arti paragraf persuasi adalah apa..


Pengertian Paragraf Persuasi


Paragraf Persuasi adalah paragraf yang mengajak, membujuk, atau mempengaruhi pembaca atau pendengar (jika dibacakan) agar melakukan sesuatu.(Sumber : wikipedia) Lebih tepatnya lagi paragraf persuasi adalah paragraf yang dibuat oleh penulis untuk membuat si penerima informasi menjadi tertarik dengan isi dan ide atau gagasan dalam informasi tersebut lalu mau mengikuti atau dipengaruhi oleh informasi tersebut.

Ciri Ciri Paragraf Persuasi


1. Ada kata ajakan

2. Pemberi Informasi menempatkan diri di posisi anda (soelah merasakan hal yang sama seperti ketidaknyamanan atau kegelisahan yang anda rasakan agar mendapat perhatian anda)

3. Tujuan dan ajakannya jelas


Mau baca pembahasan lengkap tentang paragraf persuasi silahkan baca disini "PEMBAHASAN LENGKAP PARAGRAF PERSUASI" di artikel inni sudah cukup banyak informasi yang bisa kamu peroleh 

Untuk menambah pemahaman tentang paragraf persuasi berikut 

Contoh Paragraf Persuasi 

Pengertian Paragraf Persuasi
Indonesia terkenal sebagai negara agragris yaitu negara yang masyarakatnya pada umumnya berkerja di bidang pertanian. Karena itu banyak sekali hasil dari pertanian yang terbesar ialah padi . Namun tanpa kita sadari karena tingginya ketergantungan terhadap padi sendiri membuat pertanian kita hanya bergantung pada sektor tersebut. Sedangkan karena tingginya jumlah konsumen nasi membuat kebutuhan akan padi semakin meningkat hingga pada titik tertentu Indonesia harus impor beras. Ini ialah hal yang sangat riskan karena negara agragris harus meng impor beras. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan masyarakat yang bergantung pada nasi. Padahal masih banyak makanan yang bisa menggantikan padi. Oleh karena itu beralih lah ke makanan lain pengganti nasi seperti jagung dan ubi-ubi an yang tidak hanya mudah ditemukan dan tentunya lebih ekonomis dan dapat menumbuhkan sektor pertanian yang lainnya.

Dikutip dari:"contoh paragraf persuasi"

Paragraf Persuasi mungkin bagi beberapa orang tidak menarik. Tapi dari jenis paragraf ini kamu bisa mendapat banyak pekerjaan seperti pengiklan dan orator yang sukses. Manfaat dari paragraf persuasi bisa kita gunakan untuk mencapai tujuan kita. Dalam kehidupan sehari hari tanpa kita sadari kita berjumpa dengan berbagai ajakan yang berbentuk karangan persuasi yang paling mudah kita temukan di televisi.

BONUSSS!! Video Iklan (Contoh Nyata Persuasi Dalam Masyarakat Luas) 


Video berdurasi 46 detik ini ternyata bisa kita pelajari bagaimana membuat iklan yang baik itu sendiri. Video ini sudah saya buat pembahasan khususnya di sini "Contoh Iklan Persuasi" di sana kamu bisa melihat bagian demi bagian dalam video ini akan menunjukkan kamu betapa pentingnya mengerti Pengertian Paragraf Pesuasi. Salah satu contoh sederhana bagaimana pentingnya persuasi adalah kita bisa belajar dari banyak sekali pemimpin besar baik di Indonesia maupun dunia bahwa tiap tiap mereka punya cara persuasi masing masing yang membuat banyak orang senang dan mau melakukan apa yang mereka inginkan. Dahsyat sekali manfaat yang didapat jika kamu benar benar paham Pengertian Paragraf Persuasi

Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 02.00

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger