Home » » Contoh Karangan Persuasi

Contoh Karangan Persuasi

Contoh Karangan PersuasiContoh Karangan Persuasi ini saya buat untuk lebih menjelaskan tentang karangan persuasi . Sama seperti sebelumnya saya akan memberi contoh dan semoga contoh yang sederhana ini bisa membuat anda mengerti.
Sebelumnya Pengertian dari kalimat,paragraf ataupun karangan Persuasi adalah bentuk karangan yang dibuat oleh penulis untuk tujuan membuat pembaca melakukan apa yang diinginkan oleh penulis.



Bentuk-Bentuk Karangan Persuasi

a.Bentuk Lisan


Contoh dari persuasi yang berupa lisan ialah pidato, propaganda, promosi lisan dan kampanye lisan

b.Bentuk Tulisan


Contoh dari karangan persuasi yang berupa tulisan ialah ikan, poster dan selebaran

c.Bentuk Elektronik


Contoh dari karangan persuasi yang berupa media elektronik ialah TV,radio dan internet

Contoh Karangan Persuasi


Indonesia terkenal sebagai negara agragris yaitu negara yang masyarakatnya pada umumnya berkerja di bidang pertanian. Karena itu banyak sekali hasil dari pertanian yang terbesar ialah padi . Faktanya pada tahun 2012 Indonesia mengimpor beras. Tentu yang menjadi pertanyaan ialah apakah negara agraris yang besar ini memproduksi beras yang sedikit??.. Jawabannya tidak Indonesia ialah penghasil beras terbanyak ketiga setelah China dan India. Tapi kok impor????? . Ada fakta unik disini ternyata masyarakat Indonesia ialah pengkonsumsi beras tertinggi di dunia dengan 154 kg per orang tiap tahunnnya. Tingkat konsumsi yang tinggi ini yang membuat kita mengimpor beras.



Selain itu tanpa kita sadari karena tingginya ketergantungan terhadap padi sendiri membuat pertanian kita hanya bergantung pada sektor tersebut. Sedangkan karena tingginya jumlah konsumen nasi membuat kebutuhan akan padi semakin meningkat hingga pada titik tertentu Indonesia harus impor beras. Ini ialah hal yang sangat riskan karena negara agragris harus meng impor beras. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan masyarakat yang bergantung pada nasi. Padahal masih banyak makanan yang bisa menggantikan padi. Oleh karena itu beralih lah ke makanan lain pengganti nasi seperti jagung dan ubi-ubi an yang tidak hanya mudah ditemukan dan tentunya lebih ekonomis dan dapat menumbuhkan sektor pertanian yang lainnya.

Note:jika Indonesia sudah tidak impor beras lagi bukan berarti karangan diatas salah tapi yang ingin ditekankan ialah cara penilisan contoh karangan persuasi.

Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 06.00

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger