Home » » Cara Cerdas Menangkan Debat

Cara Cerdas Menangkan Debat

Cara Cerdas Menangkan DebatCara Cerdas Menangkan Debat mungkin sangat dibutuhkan oleh orang yang akan berkompertisi debat. Dalam Menjalani kompetisi debat harus banyak strategi yang dipersiapkan agar menang dalam debat.
Oleh karena itu saya yang juga pemula dalam dunia ini mau berbagi sedikit tentang cara cerdas memenangkan Debat . Sebenarnya intinya hanya satu jangan terbawa emosi dan lakukan sesuai rencana.




Cara Cerdas Menangkan Debat


1.Siapkan Materi Selengkap Mungkin

Debat itu ibarat kamu sedang berperang. Ya berperang argumentasi itulah yang terjadi. Untuk memenangkan sebuah perang dibutuhkan persiapan yang matang. Kalau perang sebenarnya disiapkan prajurit tank dll. Kalau ingin berdebat juga harus disiapkan materi-materi yang baik yang bisa membuat musuh kamu nanti bertekuk lutut. Carilah di internet dan lihat dari berbagai sisi seperti sisi kesehatan,pendidikan dll

2.Jangan Grogi

Grogi dapat menghancurkan semua rencana anda dengan sekejap. Grogi juga menunjukkan kalau anda tidak yakin dengan ateri yang anda bawa . Kalau anda tidak yakin pada diri sendiri bagaimana bisa anda meyakinkan banyak orang dan memenangkan debat. Latian yang banyak dapat mengurangi grogi. Jam terbang yang tinggi dalam kompetisi selain menghilangkan grogi membangun mental juara.

3.Tetap Sopan

Memang seperti yang saya katakan kalau ini ialah perang tapi tetap ada aturannya. Jangan menggunakan kata-kata kotor karena itu sangat tidak santun. Tujuan dari debat ialah selain membandingkan argumen juga membandingkan kemampuan berbicara. Kemampuan berbicara yang sopan akan lebih dihargai

4.Tenang Dan Fokus

Ini akan membantu anda menjalankan semua rencana anda. Atur cara atau urutan bicara dalam tim(jika lombanya beregu). Jika anda sedang tidak fokus maka akan sangat mudah kehilangan kendali dalam perbincangan argumen . Oleh karena itu tetap fokus . Kalau anda tetap fokus bukan tidak mungkin anda akan menemukan titik lemah argumen lawan.

5.Posisikan Lawan Anda di Posisi Anda

Ini ialah cara yang membuat lawan terganggu dengan argumennya. Buat lawan anda sepaham tentang sesuatu yang umum seperti "kita semua tahu kalau membunuh ialah dosa". Setelah membuat pernyataan itu buatlah argumen yang berhubungan dengan pernyataan umum tersebut. Sekarang anda mempunyai tambahan dasar argumen yaitu pernyataan yang telah disetujui anda dan lawan anda.

6.Jangan "Menyerang" Secara Personal

Menyerang yang saya maksud ialah membandingkan lawa anda dengan apa yang anda perdebatkan. Ini sangatlah tidak adil karena si lawan anda sendiri dalam dirinya belum tentu pro atau kontra dengan tema yang dibuat. Contoh : Tema Pacaran di Sekolah Argumen anda(pro)"saya tahu bahwa juga sudah berpacaran dan anda melakukan hal itu disekolah"

7.Pergunakan Waktu Sebaik Mungkin

Waktu yang digunakan dalam berdebat mungkin tidak cukup untuk menuangkan semua argumen dan pemikiran anda. Oleh karena itu tiap ada kesempatan keluarkan argumen anda hingga waktu hendak habis. Ini akan menunjukkan kalau sebenarnya anda punya banyak fakta dan argumen dan membuat anda terlihat sangat menguasai bahan

8. Gunakan Argumen atau Contoh yang Tepat dan Logis


Gunakan argumen yang mudah dicerna oleh lawan maupun penilai. Jangan gunakan logika atau pola pikir yang rumit. Karena bisa saja yang terjadi ialah anda malah dikira tidak menguasai bahan dan dasar logika atau fakta anda hanya dibuat-buat.

9.Ajukan Pertanyaan


Mengajukan pertanyaan sangat baik untuk menjatuhkan lawan. Selain itu anda juga bisa mengetahui seberapa dalam pengetahuan lawan anda tentang materi itu sendiri. Anda juga bisa menilai apakah jawabannya masuk akal atau tidak .Anda juga bisa memperhatikan apakah jawabnnya sesuai dengan fakta

10.Membaca Situasi

Ini adalah kemampuan seseorang yang pandai berdebat. Orang yang pandai berdeat harus tahu kapan ia akan meneruskan suatu argumen dan kapan ia harus mengalihkannya. Kemampuan membaca situasi juga berperan penting untuk melihat kelemahan lawan .

Sekian tips saya Cara Cerdas Menangkan Debat
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 17.02

1 comments:

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger