Home » » Contoh Paragraf Narasi

Contoh Paragraf Narasi

Contoh Paragraf Narasi yang akan saya berikan kali ini merupakan lanjutan dari beberapa contoh paragraf sebelumnya. Sudah cukup lama rasanya tidak membahas salah satu topik paling dicari di blog ini. Saya harap tentunya para pembaca sudah membaca artikel saya sebelumnya. Masih masuk dalam lingkup tema blog ini yaitu Pendidikan saya pun menyusun artikel ini.Jika sebelumnya sudah ada beberapa contoh paragraf yang bisa kamu temukan di blog ini. Kali ini kita akan masuk pada paragraf narasi. (Sekedar info kalau mau lihat contoh paragraf yang lainnya ini beberapanya contoh paragraf analogi, contoh paragraf persuasi dan lain lain. Cukup banyak dibahas di blog ini.)

Contoh Paragraf Narasi


Pertama tama kita membahas Pengertian Paragraf Narasi:

Paragraf Narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu yang runtut. Narasi sendiri bisa merupakan kejadian nyata ataupun fiksi. Contoh paragraf narasi yang merupakan kejadian seperti biografi sedangkan yang fiksi seperti novel, cepren dan roman.
Kurang lebih seperti itulah pengertiannya saya harap para pembaca sekarang sudah punya bayangan tentang jenis paragraf yang satu ini. 
Sebelum melangkah lebih jauh lagi paragraf narasi sendiri deibedakan menjadi 2 yaitu:

1. Paragraf Narasi Ekspositoris Dan Contoh

Paragraf Narasi Ekspositoris adalah paragraf yang bertujuan untuk menyampaikan informasi yang menggambarkan suatu kejadian secara tepat dan bersifat memperluas pengetahuan pembaca. Biasanya banyak sekali sumber informasi yang berupa narasi eksposisi seperti website,majalah ataupun surat kabar. 

Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris;


Einstein dilahirkan di Ulm di Württemberg, Jerman; sekitar 100 km sebelah timur Stuttgart. Bapaknya bernama Hermann Einstein, seorang penjual ranjang bulu yang kemudian menjalani pekerjaan elektrokimia, dan ibunya bernama Pauline. Mereka menikah di Stuttgart-Bad Cannstatt. Keluarga mereka keturunan Yahudi; Albert disekolahkan di sekolah Katholik dan atas keinginan ibunya dia diberi pelajaran biola.
dikutip dari : wikipedia

Saya kira 1 contoh ini cukup jelas untuk menggambarkan jenis paragraf ini

2.Paragraf Narasi Sugestif Dan Contoh

Paragraf Narasi Sugestif adalah paragraf yang bertujuan untuk memberi gambaran situasi yang terjadi dengan menggunakan kata kata konotatif sehingga mampu membawa khayalan pembaca. Jenis paragraf seperti ini bisa kamu temukan di roman, cerpen, hikayat, dongeng, dan novel. Tentu saja agar pembaca paham bagaimana suatu peristiwa terjadi pemilihan kata kata juga haruslah sangat baik

Contoh Paragraf Narasi Sugestif:



Contoh 1 (kutipan novel Surat Kecil Untuk Tuhan)

Tiga hari lamanya aku mengalami koma tanpa pernah bangun. Dan ketika aku terbangun dari mimpiku, perlahankubukakan mataku, seluruh keluargaku ada disampingku. Ayah, ibu, kedua kakakku, paman dan bibi serta teman-temanmu telah ada disampingku. Suara ayat-ayat Al-Quran terdengar dan aku senang mereka tidak marah padaku karena aku pergi tanpa pamitan. Ayah menyadari aku terbangun dengan cepat memanggilku...

Contoh 2 (kutipan novel Surat Kecil Untuk Tuhan)

Dengan sekuat tenaga aku menggunakan jariku untuk menulis. Tuhan maha besar membiarkan tanganku yang lumpuh dapat bergerak. Walau banyak yang ingin ku tulis, tapi tanganku mulai tak kuat bergerak. Aku hanya ingin melihat keluargaku bahagia dan rukun. Aku ingin ketika aku pergi keluarga bisa ikhlas dan menerima semua ini. 15 tahun lamanya Keke bisa hidup dalam sebuah kebahagiaan di dunia ini.

Inti dari paragraf sugestif sendiri bertujuan agar kita sebagai pembaca bisa menangkap apa yang terjadi yang diceritakan dalam paragraf tsb.

Demikianlah contoh paragraf yang bisa saya berikan saya minta masukan atau saran yang membangun silahkan tinggalkan komentar di artikel Contoh Paragraf Narasi


Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 00.00

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger