Home » » Pengertian Demokrasi Pancasila Lengkap

Pengertian Demokrasi Pancasila Lengkap

Pengertian Demokrasi Pancasila Lengkap akan kamu temukan disini sebagai lanjutan artikel artikel sebelumnya. Demokrasi Pancasila ini merupakan ciri khas Indonesia karena Pancasila adalah ideologi yang lahir dari bangsa Indonesia sendiri. Mengenai pengertian demokrasi pancasila selanjutnya akan dibahas

Pengertian Demokrasi Pancasila Lengkap
Pengertian Demokrasi Pancasila Lengkap

Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang mengutamakan musyawarah mufakat tanpa oposisi (pihak diluar pemerintah) dalam doktrin Manipol USDEK (Doktrin oleh Ir.Soekarno) disebut pula sebagai demokrasi terpimpin merupakan demokrasi yang berada dibawah komando Pemimpin Besar Revolusi kemudian dalam doktrin repelita (Rencana Pembangunan Lima Tahun oleh pemerintah Orde Baru) yang berada dibawah pimpinan komando Bapak Pembangunan arah rencana pembangunan daripada suara terbanyak dalam setiap usaha pemecahan masalah atau pengambilan keputusan, terutama dalam lembaga-lembaga negara. 

Selain pandangan diatas demokrasi pancasila adalah demokrasi yang sumbernya adalah kepribadian dan filsafat bangsa Indonesia seperti pada dalam Pembukaan UUD 1945.



Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Ahli

  • Prof. Dardji darmo diharjo, SH
Demokrasi pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber kepada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang perwujudannya seperti, dalam ketentuan-ketentuan pembukaan UUD 1945.

  • Menurut Prof.Dr.Drs. Notonegoro, SH
Demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indoesia. (pengertian senada dikemudian  dikemukakan pula oleh Soemantri, SH dan Drs. S. Padmuji, MPA.)
  • Ensiklopedia Indonesia
Demokrasi Indonesia berdasarkan pancasila meliputi bidang politik, bidang sosial dan ekonomi serta yang dalam penyelesian masalah-masalah nasional berusaha sejuah mungkin menempuh jalan permusyawarantan untuk mencapai mufakat.

Kesimpulannya Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang berpegang teguh terhadap nilai nilai Pancasila yang merupakan perwujudan cita cita dan kepribadian Indonesia.

Demikian adalah Pengertian Demokrasi Pancasila Lengkap 
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 12.23

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger