Sponsor

Bantu saya vote +1 pada tombol google plus di bawah!!

×
Home » , , , » Peraturan Debat

Peraturan Debat

Peraturan DebatPeraturan Debat sendiri merupakan aturan umum ketika kita sedang menyampaikan pendapat. Namun perlu diketahui kalau dalam berdebat tidak hanya argumen saja yang diutamakan . Masih banyak aspek lain yang perlu dijaga dalam berdebat. Selain itu hakikat debat yang merupakan sebuah diskusi diharapkan menghasilkan sebuah solusi. Ini bersifat optional tapi sebaiknya disertakan dengan solusi atas tema atau topik debat. Tapi perlu saya ingatkan peraturan debat bisa saja berbeda-beda karena kehendak pihak pelaksana debat.


Peratuaran Umum Debat:

1.Sopan 


Banyak sekali pedebat debat yang dalam menyampaikan argumennya TERLALU berapi-api sehingga melewati batas kesopanan dalam berbahasa. Seperti ketika anda menunjuk lawan debat anda,menggunakan kata-kata yang tidak pantas,memukul meja dll

2.Jelas


Terkadang karena bahasannya agak "berat" maka banyak sekali pedebat debat yang dalam penyampaiannya bertele-tele dantidak jelas. Oleh karena itu sebelum disampaikan alangkah baiknya jika disusun dulu kata yang akan disampaikan sehingga dimengerti orang lain.

3.Benar


Terkadanag karena kepepet atau tidak mengerti dengan tema debat para pedebat sering sekali menggunakan informasi yang salah untuk menguatkan argumen sendiri. Memang jika lawan anda atau yang mendengar argumen anda tidak tahu akan kebenarannya argumen anda akan terlihat kuat dengan informasi yang salah itu. Tapi itu sangatlah tidak etis karena hanya menginginkan kemenangan bukan sebuah solusi terbaik.

4.Realistis dan Jujur

Terkadang disaat sudah tidak bisa mengelak banyak sekali cara curang yang dilakukan seperti menggunakan alasan yang tidak realistis atau tidak masuk akal. Selain merusak susasana debat akan menurunkan kualitas argumen anda jadi pikirkan kembali.

5.Bahasa yang baik dan benar.


Bahasa yang baik akan mendukun argumen yang baik. Jika anda menggunakan bahasa Indonesia dengan tidak baik alhasil argumen anda tidak begitu kuat karena bisa diserang lawan. Gunakan bahasa yang baku tapi usahakan tetap fleksibel. Dalam arti masih menggunakan kata-kata dari kosakata anda sendiri.

6.NO SARA


Suku Agama Ras sering sekali menjadi hal yang sanggat mengganggu karena dapat menyinggung berbagai pihak. Logika nya seperti ini jika anda menggunakan dasar agama A dalam beragumen sedangkan kita tahu agama yang diakui di negara kita ada 5 agama .Oleh karena itu tentu argumen anda akan menjadi sangat lemah karena dasar yang hanya dipakai beberapa golongan.


Sekian artikel saya tentang PERATURAN DEBAT
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 14.49

2 comments:

  1. Debat gak aadda aturanya mas :D

    BalasHapus
  2. wah mas kalau gk ada aturan
    1.gk akan didapat hasil yang dituju dari sebuah diskusi
    2.KEMUNGKINAN besar akan berantakan.
    3.Ini lebih ditujukan buat yang lomba debat jadi tiap lomba kan punya aturuan khusus sendiri :D

    BalasHapus

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger