Sponsor

Bantu saya vote +1 pada tombol google plus di bawah!!

×

Sponsor

Home » , , » Unsur-Unsur Paragraf

Unsur-Unsur Paragraf

Unsur-Unsur ParagrafUnsur-Unsur Paragraf perlu kita pelajari dalam rangka Belajara Bahasa Indonesia. Mungkin anda yang sedang mencari jawaban dari tugas Bahasa Indoensia anda. Jika tugasnya mencari unsur-unsur paragraf.
Sangatlah tepat jika anda mengunjungi blog saya ini. Karena pada kali ini saya akan membahas unsur-unsur paragraf.Daripada basa basi kelamaan dan tugas anda tidak selesai.Langsung saja Unsur-Unsur Paragraf.



Unsur-Unsur Paragraf;


1.Masalah / Topik


Dalam setiap paragraf tentu ada yang menjadi topik pembahasan. Oleh karena itu dalam mencari Unsur-Unsur Paragraf  diharapkan kita bisa menemukan terlebih dahulu apa masalah yang dibahas dalam paragraf tersebut. Terkadang ada juga yang menyebut topik/masalah sebagai gagasan utama. Memang benar karena topik/masalah merupakan gagasan utama dari terbentuknya paragraf.. Jadi jika ingin mengerti sebuah paragraf kita harus mengetahui masalah/topik ataua gagasan pokok paragraf tersebut.

2.Kalimat Utama

Setelah tahu mana yang dimaksud dengan masalah/topik kita harus mengetahui dimanakah letak Kalimat Utamanya. Tujuannya mempermudah kita memahami isi paragraf. Kalimat utama ialah kalimat yang mendasari sebuah paragraf dan mengandung pokok pikiran utama sebuah paragraf. Biasanya kalimat utama bisa tereletak diawal,akhir,  awal-akhir dan dari awal-akhir

Letak kalimat utama 

  • Deduktif  : Kalimat utama yang terletek di awal paragraf
  • Induktif   : Kalimat utama yang terletak di akhir paragraf
  • Variatif    : Kalimat utama yang terletak di awal dan diperjelas di akhir
  • Naratif     : Kalimat utama yang terletak di seluruh bagian paragraf

3.Kalimat Penjelas

Setelah tahu tentang Kalimat Utama kita akan belajar tentang Kalimat Penjelas. Kalimat Penjelas adalah kalimat yang berfungsi sebagai penjelas terhadap gagasan utama maupun kalimat utama. Biasanya kalimat penjelas ini akan membahas gagasan utama lebih rinci lagi. Jika kaimat utama terletak di awal paragraf maka kalimat penjelasnya setelah awal paragraf . Jika kalimat utamanya terletak di akhir paragraf maka kalimat penjelasnya terletak sebelum akhir paragraf.


4.Opini dan Fakta 

Unsur-Unsur Paragraf ini kadang-kadang terdapat dalam sebuah paragraf tapi kadang juga tidak terdapat di paragraf. Opini dan fakta ditulis atau tidak tergantung sang penulis. Opini dan Fakta bertujuan untuk memperjelas ataupun memberikan gambaran tentang gagasan utama yang dibahas. Misal sebuah paragraf membahas pabrik rokok maka tidak salah kalau menyertakan fakta dampak rokok terhadap kesehatan. Bisa juga disetai opini yang berupa pendapat pribadi.


Sekian pebahasan saya tentang Unsur-Unsur Paragraf.
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 11.50

0 comments:

Poskan Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger