Home » » Dampak Negatif Sekolah Mahal

Dampak Negatif Sekolah Mahal

Dampak Negatif Sekolah MahalSekolah Mahal sudah mulai berkembang pesat ditengah era globalisasi dan tumbuhnya paham hedinisme yang cukup pesat di berbagai golongan masyarakat. Tentu ini akan berdampak buruk bagi budaya dan moral bangsa kita yang asli dan luhurnya bukanlah aliran paham hedonisme.

Hedonisme sendiri ialah paham yang kesenangan dan kenikmatan materi ialah sebagai tujuan hidup para penganut paham ini. Mereka menganggap manusia hidup untuk mengejar kenikmatan materi.
Tentu paham ini sangat tidak sesuai dengan nilai luhur yang ditanamkan oleh orang tua saat kita masih kecil. Pertentangan nilai inilah yang membuat kita harus memlih antara hidup dengan nilai luhur yang sudah ditanamkan atau larut terbawa arus globalisasi yang bahkan merubah ideologi menjadi hedonisme


Dampak negatif sekolah mahal tentu sangat berkaitan dengan paham hedonisme. Jika orang tua mau menyekolahkan anakny disekolah mahal hanya untuk gengsi tentu ini bukan lah hal yang baik untuk perkembangan pendidikan di Indonesia.

Dampak Negatif Sekolah Mahal

1.Anak Menjadi Sombong


Ini adalah salah satu dampak negatif jika anak disekolahkan di sekolah mahal. Dengan bersekolah di tempat yang elit dan ketika si anak belum cukup pemikirannya untuk menghargai orang lain sikap sombang akan tumbuh secara pesat. Peran orang tua dan guru juga lingkungan sekitar harus bisa membimbing mental anak yang akan terjun ke masyarakat luas agar tetap rendah hati dan bijak dalam bersosialisasi dengan orang lain.

2.Muncul Stratafikasi Sosial


Ini adalah dampak negatif sosial yang timbul dengan adalnya sekolah yang harganya sangat mahal. Akan muncul gengsi dan merasa sekolah mereka sangat baik dan sekolah lain buruk. Dengan begitu akan muncul golongan golongan yang merasa diri elit dan tidak mau berbaur dalam masyarakat luas. Tentunya ini bukan tidak mungkin akan menimbulkan konflik antar golongan.

3.Pudarnya Tujuan Sekolah


ini juga sudah sempat saya singgung diawal tadi. Dengan adanya sekolah mahal tentu bisa menganggu tujuan utama sekolah yaitu mendidik malah menjadi brand atau merek dari pendidikan seseorang. Bahkan mulai ada tren sekarang siswa masuk ke suatu sekolah bukan untuk mendapat ilmunya tapi mengejar gelar lulusan sekolah tersebut. 


4. Pendidikan Jadi Sangat Mahal


Dengan munculnya sekolah sekolah seperti ini tentu muncul juga anggapan baru masyarakat kalau mau sekolah itu mahal. Dengan perekonomian yang masih banyak pengangguran dan miskin tuntutan pendidikan menjadi terbengkalai dan anak mereka tidak sekolah. Hal ini untung saja direspon oleh pemerintah untuk mengadakan sekolah gratis sebuah langkah yang baik. Tapi perlu diingat adanya sekolah gratis dan sekolah mahal tentu saja akan berpengaruh terhadap psikologis anak apalagi yang belum cukup dewasa dan  kurang perhatian orang tua.


Semoga ulasan saya tadi dapat bermanfaat setidaknya menghindarkan kita dari dampak dampak yang dapat merusak tujuan bersama. Sekolah mahal juga tentu punya dampak positif nya. Jika ada tambahan atau ingin menyampaikan sesuatu silahkan berkomentar di artikel Dampak Negatif Sekolah Mahal
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 16.44

0 comments:

Poskan Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger