Sponsor

Bantu saya vote +1 pada tombol google plus di bawah!!

×
Home » » Paragraf Sebab Akibat

Paragraf Sebab Akibat

Paragraf Sebab AkibatParagraf Sebab Akibat itu adalah topik kita pada kesempatan kali ini. Sebelumnya saya pernah menuliskan artikel berjudul "Contoh Pargraf Sebab Akibat". Jika anda sedang mempelajari tentang penalaran induktif atau induksi dan sedang ingin tahu atau mengerjakan tugas tentang paragraf sebab akibat keputusan tepat untuk berkunjung ke blog ini.

Selain pargraf sebab akibat penalaran induksi atau induktif juga ada yang jenisnya paragraf analogi dan paragraf generalisasi...Paragraf Generalisasi sendiri akan dibagi dalam beberapa janis yang sudah saya bahas pada jenis jenis Generalisasi. Jadi saya sarankan untuk membaca artikel-artikel sebelumnya dulu.


Paragraf Sebab Akibat

Pengertian Paragraf Sebab Akibat atau Hubungan Kausalitas

 Paragraf Sebab Akibat atau hubungan kausalitas adalah paragraf yang bermula betolak dari sebab atau akibat lalu maju menuju sebab atau akibat. Pada inti nya adanya kesatuan atau hubungan erat antara awal pargraf dan akhir paragraf berupa hubungan kausalitas. Biasanya hubungan kausalitas sendiri membentuk 3 pola.

Macam-Macam Paragraf Sebab Akibat atau Hubungan Kausalitas

a. Sebab ke Akibat

Hubungan Sebab ke Akibat mula mula bertolak dari suatu peristiwa yang dianggap sebagai sebab yang diketahui lalu bergerak maju menuju kepada kesimpulan yang merupakan efek atau akibat.

Bentuk pola yang lain yang berbentuk Sebab ke Akibat adalah paragraf yang diawali oleh 1 sebab tapi dikuti oleh beberapa akibat yang penyebabnya diawal paragraf.
Bentuk pola sebab akibat juga bisa membentuk pola lain yaitu Pola Sebab Akibat Berantai.
Pola Akibat Berantai adalah paragraf yang diawali oleh SEBAB1 lalu diikuti AKIBAT1  lalu diikuti oleh AKIBAT2 dst. Tapi pada pola sebab akibat berantai AKIBAT1 merupakan penyebab dari AKIBAT2.

b. Akibat ke Sebab

Hubungan Kausalitas Paragraf Akibat Sebab mula mula bertolak dari Akibat yang diketahui lalu bergerak maju menuju sebab sebab yang mungkin menyebabkan akibat itu terjadi.

c.Akibat ke Akibat

Hubungan Kausalitas yang terakhir adalah hubungan Akibat ke Akibat adalah proses penalaran yang bertolak dari suatu akibat menuju akibat yang lain tanpa menyinggung sebab umum yang menyebabkan kedua akibat itu terjadi.

Untuk membuat paragraf jenis ini intinya si penulis harus mencari sebab umum yang mengakibatkan 2 akibat yang hampir pasti terjadi..



Saya kira sudah cukup jelas terimakasih untuk perhatiannya.Kalau anda ada pertanyaan sialahkan untuk bertanya dibawah artikel Paragraf Sebab Akibat


Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 04.00

1 comments:

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger