Home » » Makanan Khas Banten Lengkap + Resep

Makanan Khas Banten Lengkap + Resep

Makanan Khas Banten- Makanan Khas yang akan dibahas kali ini berasal dari kota Banten. Banten sendiri terletak di Jawa bagian Barat. Dahulunya berada pada provinsi Jawa Barat Tapi setelah  keputusan UU no 23 tahun 2000 Banten menjadi sebuah provinsi yang dengan luas sekitar 9.163 km². Sekarang Banten menjadi sebuah provinsi sendiri dan sudah banyak berkembang tentu saja kuliner khas banten juga berkembang,

Makanan Khas Banten Lengkap + Resep
Makanan Khas Banten cukup banyak dan bervariasi tapi beberapa yang terkenal berasal dari kabupaten Serang .  Tentu Makanan Khas Banten tidak kalah dengan  makanan khas Ambon, Maknanan Khas Pekanbaru, ataupun Makanan Khas Toraja

Makanan Khas Banten

1. Sate Bandeng

Makanan Khas Banten Lengkap + Resep
Dari nama makanannya jelas kalau sate ini berbahan dasar ikan bandeng. Ikan yang terkenal rasanya enak sekali namun punya banyak sekali duri. Sate Bandeng ini punya bumbu yang nikmat yang membuat makanan ini sangat digemari tentunya selain dagingnya juga yang enak sekali.

Cara Membuat Sate Bandeng


Siapkan
2 ekor ikan bandeng
150 gram kelapa parut
1 butir kelapa
125 ml santan
2 telor
minyak goreng

Bahan Bumbu:
Siapkan:
4 cabai merah
kunyi bakar
8 bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
2 cm lengkuas

1 sendok teh air asam jawa dari 1 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air, dilarutkan
1/2 sendok makan garam
1 sendok makan gula pasir


Setelah bahannya sudah terkumpul Cara membuat Sate Bandeng seperti berikut.

Bersihkan ikan terlebih dahulu sebelum diolah.
Keluarkan tulang dan dagingnya dari insang perlahan agar kulit tidak robek tentuu ini tidaklah mudah dan butuh keahlian khusus.
Sangrai daging ikan Setalah itu buang durinya kalau sudah tidak ada duri haluskan.
Setelah itu panaskan minyak. Lalu tumis bumbu halus hingga harum..
Campur bumbu tumis, daging ikan, kelapa sangrai, dan telur dan diaduk rata.
Isi kulit bandeng dengan campuran daging ikan. Lumuri bagian luarnya dengan sisa isi. Jepit dengan bambu yang dibelah dua.
Panggang di atas panggangan yang dioles minyak sampai padat. Bakar kembali sambil dioles santan kental sampai kecokelatan dan matang.

2. Jojorong

Makanan Khas Banten Lengkap + Resep
Kalau makanan khas banten yang satu ini berbahan dasar tepung sanji, tepung beras dan juga gula merah. Rasanya unik dan khas beda dari kue kue pada umumnya. Namun punya identitas kue Indonesia seperti kue Indonesia pada umumnya kue Jojorong yaitu dibungkus dengan daun. bagi yang tertarik untuk membuat kue jojorong berikut caranya.

Cara Membuat Jojorong


Siapkan 
tepung beras kurang lebih 2 ons
gula merah serut 2 setengah ons
air daun suji dan pandan 50 cc
santan encer 750 cc
garam
tepung kanji 2 sdm
santan kental dari air kelapa 200 cc

Setelah bahannya sudah siap cara pembuatannya:
1. Campurlah tepung beras, tepung kanji, garam dan juga air suji sampai merata
2. Siapkan sebuah wadah kecil seperti cangkir atau bisa juga daun pisang
3. Masukkan gula merah dan bahan adonan sampai 3 perempat
4. Campurkan tepung kanji dan juga santan sampai merata
5. Masukkan kedalam daun pisang lalu kukus sekitar 5 menit\

3. Gerem Asem

Makanan Khas Banten Lengkap + Resep
Makanan yang satu ini punya ciri khas yaitu rasa pedasnya. Uniknya selain rasa pedasnya makanan ini juga ada rasa asam itulah sebabnya asa nama Asem di makaan ini. Makanan yang menyegarkan ini sangat pas kalau di santap saat sedang cuaca panas. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar daging ayam atau bebek.

Cara membuat Gerem Asem

 Caranya dengan menyiapkan bebek atau ayam siapkan juga untuk bumbunya seperti 250 gram cengkeh dan 250 gram bawang merah lalu garam minyak sayur daun salam dan gula merah. Setelah semua bahan tersedia potong bebek dan buang bulunya lalu diapanggang hingga lemaknya keluar buang juga bagian tunggir karena dapat menyebabkan makanan bau apek. Lalu haluskan bumbu bumbu setelah halus bebek dan bumbu di campur dan di aduk aduk lalu di masak biarkan tampa air kutang lebih 7 menit setalah itu tuangkan air secukupnya. Tuangkan air lagi kalau airnya mulai habis lalu rasakan apakah bebeknya sudah empuk atau perlu ditambah bumbu apalagi



4. Emping

Makanan Khas Banten Lengkap + Resep
Emping adalah makanan ringan yang cukup terkenal dari Indonesia. bahan baku untuk membuat emping adalah melinjo. Pembuatannya sendiri dengan mengahancurkan biji melinjo hingga halus lalu dijemur setelah itu digoreng. Rasanya yang khas membuat makanan ini menjadi salah satu primadona kuliner khas Indonesia.

5. Rebeg Kambing

Makanan Khas Banten Lengkap + ResepDari namanya saja sudah bisa disimpulkan kalau makanan ini berbahan dasar kambing. Rasanya juga sangat enak. tapi mungkin yang perlu diwaspadai hanya tingkat koleterol yang terkandung dalam kambing. Karena penderita diabetes sangat tidak disarankan untuk makan kambing. Untuk yang tertarik untuk membuat Rebeg Kambing saya sudah siapkan resepnya yang saya cari di Google.com pertama tama siapkan 350 daging kambing, 250 gram usus kambing jangan lupa untuk dibersihakan lalu dipotong potong, 200 gram hati kambing, 4 cm jahe, 3 batang serai, 4 lembar daun jeruk purut tapi buang tulangnya, 10 butir bawar merah, 1 buah tomat, 5 sdm kecap manis, 2 sdm gula merah, 2 sdt garam, 1,5 sdt merica bubuk, 8 butir cengkeh, 4 cm kayu manis, 1/2 biji pala, 300 ml air, 5 sdm minyak.

Cara Membuat Rebeg Kambing

Setelah bahan sudah tersedia lanjut ke cara pembuatannya yaitu pertama tama rebus daging kambing, usus, hati. Lalu di tempat yang terpisah rebus juga jahe, serai dan daun jeruk purut sampai empuk. Setelah itu angkat dan tiriskan dahulu sebelum dipotong potong sesuai selera. Kalau sudah campur daging kambing dan juga jeroan kambing rebus dengan bawang merah, jahe, tomat, kecap manis, gula merah, garam, merica, cengkih, kayu manis, pala bubuk, dan juga air. Tambahkan sedikit minyak goreng lalu masak dan aduk terus sampai merata dan berminyak.





Demikian sedikit makanan khas banten yang sudah saya kumpulkan informasinya buat para pembaca. Bagi anda yang mengerti atau tinggal di daerah Banten silahkan memberikan masukan atau saran mungkin ada kesalahan informasi atau kurangnya informasi yang diberikan dalam artikel Makanan Khas Banten
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 04.00

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger