Home » » Makanan Khas Toraja

Makanan Khas Toraja

Makanan Khas Toraja
Makanan Khas Toraja adalah topik kali ini. Makanan Khas kali ini berasal dari tanah Toraja. Mungkin tidak sedikit yang menghabiskan liburan dengan menyenangkan berlibur ke Toraja. Toraja memang sangat terkenal dengan berbagai tempat periwisata yang bisa dikunjungi untuk liburan bersama keluarga. Oleh karena itu tentu banyak sekali juga tempat yang bagus untuk mencicipi makanan khas Toraja yang akan memanjakan lidah pengunjung tempat ini.


Makanan Khas Toraja cukup bereneka ragam sama seperti makanan khas Medan , makanan khas Tegal dan masih banyak lagi yang lain. Kekayaan makanan khas juga menunjukan kekayaan budaya yang ada di Indonesia ini. Bukti kekayaan ini membuat kita sebagai penerus negara ini bangga dan punya rasa tanggung jawab yang besar untuk tetap melestarikannya.


Makanan Khas Toraja

1. Pa'piong

Pa'piong

Makanan yang punya nama cukup unik ini berbahan dasar daging babi atau biasanya juga bisa daging ayam. Kalau biasanya daging itu di bakar atau di goreng atau bisa juga di rebus. Kali ini pengolahan makanan khas Toraja ini unik yaitu dengan bahan bahan utamanya dimasukkan ke dalam bambu lalu di bakar. Seperti pengolahan nasi bambu. Tapi setelah di masak dengan  bambu makanan ini kemudian diolah lagi dengan memanggang daging yang sudah dimasak dengan bambu.  Pa'piong sendiri dibagi atas dua yaitu :

a.Pa'piong Bai 


Pa'piong Bai adalah Pa'piong yang berbahan dasar daging babi. Proses pembuatannya sebelum dimasukkan kedalam bambu daging terlebih dahulu diolah dengan cara dicampurkan dengan rempah rempah dan bumbu biasanya juga ditambahkan dengan cabai lokal.

b.Pa'piong Manuk.


Manuk yang artinya ayam bertujuan memberi informasi bahwa Pa'piong Manuk ini memiliki bahan dasar dari daging ayam. Cara pengolahan atau pembuatannya hampir sama dengan pembuatan Pa'piong Bai yaitu dengan ditambahi dengan rempah rempah dan bumbu lalu bisa ditambahi dengna cabai.

2.Pantollo'pamarasan

Pantollo'pamarasan
Makanan yang satu ini juga punya nama yang unik. Makanan ini punya bahan dasar yaitu daging babi tapi terkadang ada yang menggunakan daging ikan mas. Makanan yang satu ini bisanya dihidangkan pada saat upacara aat masyarakat setempat. Makanan ini dibuat dengan mencampurkan rempah rempah rawon dan daging babi, Tentu rasanya sangat lezat.

3.Deppa Tori

Deppa Tori

Kue tradisonal khas Toraja ini terbuat dari tepung beras dan gula merah. Tentu rasanya yang manis menjadi ciri khas kue ini. Kue ini punya rasa yang nikmat walaupun penampilannya agak kurang meyakinkan. Kue ini juga biasanya diesbut Kue Tori.

4.Ballo

Ballo
Ini bukanlah makanan khas Toraja tapi merupakan minuman khas Toraja yang berupa tuak. Tuak ini terbuat dari getah pohon nira. Seperti tuak pada umumnya getah dari pohon Nira ini difermentasikan selama beberapa hari sebelum dikonsumsi. Minuman ini biasanya dihiadangkan saat upacara adat ataupun syukuran.


Demikian adalah beberapa makanan khas Toraja . Bagi yang teretarik dan ingin mencoba silahkan dicoba dan jangan lupa pengunjung atau pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar di artikel Makanan Khas Toraja
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 15.27

0 comments:

Poskan Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger