Home » » Makanan Khas Gresik

Makanan Khas Gresik

Makanan Khas GresikMakanan Khas Gresik banyak yang enak enak rasanya. Sekarang waktunya libur bersama keluarga. Jadi kita akan bahas makanan khas berbagai daerah yang tentunya enak enak. Terakhir sebelum artikel ini ditulis telah lebih dulu sempat saya bahas makanan khas daerah ambon. Silahkan dibaca bagi yang berminat. Makanan Khas Gresik ini juga membuktikan kekayaan budaya kuliner yang tersebar diseluruh pelosok negara besar ini Indonesia.


Makanan Khas Gresik tentunya memiliki citra rasa tersendiri. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini terkenal dengan makanan khas PUDAK. Tapi selain Pudak masih ada banyak makanan khas Gresik yang ada disana. Jadi yang ingin mencoba atau sedang berkujung kesana sebaiknya membaca artikel ini dulu.


Makanan Khas Gresik


1.Pudak
Makanan Khas Gresik

Makanan yang sudah sangat identik dengan kota Gresik. Makanan yang tebuat dari tepung beras yang dibungkus daun aren dan juga santan. Rasa yang khas dan bentuk yang unik membuat makanan ini sangat digemari. Makanan ini yang dulunya biasanya memiliki rasa pandan dan rasa gula merah. Namun seiring perkembangan zaman muncul rasa baru yang diwarnai kreatifitas yang luar biasa.

Makanan ini punya tingkat kalori yang cukup tinggi sehingga bisa membuat anda menjadi kenyang dengan cepat. Selain itu makanan ini juga bisa disimpan hingga 3 hari dan masih layak dikonsumsi.

2.Bonggolan
Makanan Khas Gresik

Bentuk luarnya seperti lemper atau ada juga yang bilang mirip pempek tapi tentunya makanan yang satu ini ialah berbeda. Asal nam Bonggolan sendiri belum diketahui. Namun yang jelas makanan ini ialah makanan khas yang mencerminkan Gresik. Makanan ini memiliki aroma khas ikan yang sedap. Bahan untuk membuat makanan yang satu ini adalah ikan mentah, tepung kanji, bawang putih,  garam, penyedap rasa jika suka dan air panas. Itulah gambaran singkat dari makanan khas yang satu ini

3.Karag Tempe

Makanan khas selanjutnya adalah Karag adalah makanan ringan yang berbahan dasar ketan hitam dan ketan putih. Bahan makanan inilah yang membuat nama makanannya menjadi Karag Ireng & Karag Poteh. Selain warnanya yang membedakan Karag Ireng dan juga Karag Poteh adalah :
Karag Ireng terbuat dari ketan hitam dicampur dengan beras. Sementara itu Karag Poteh dibuat dengan bahan dasar beras biasa dan dicampur dengan air kapuh apuh. Menurut penduduk setempat air kapur bisa menjadi obat untuk penyakit maag. Lalu nama tempe pada Karag tempe karena dalam penyajiannya Karag sering dimakan bersama dengan tempe.

4.Kothokan
Makanan Khas Gresik
Makanan Khas yang satu ini punya kemiripan dengan sayur lodeh yang biasanya ada di daerah lain. Tentu mirip karena punya bahan dasar yang sama yaitu santan kelapa yang agak kental. Makannan ini memiliki warna yang unik yaitu merah muda. Bagi pecinta warna ini tentu sangat ingin mengkonsumsi makanan yang satu ini. Kothohakan biasanya disantap pada saat santai sebagai cemilan.


4 jenis makanan khas Gresik diatas sudah memberikan sedikit contoh betapa kaya bangsa ini. Ayo terus lestasikan makanan khas Gresik agar tetap menajadi kebanggan masyarakat Gresik dan Indonesia



Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 15.51

0 comments:

Poskan Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger