Home » » Kota Terkaya Di Indonesia

Kota Terkaya Di Indonesia


Kota Terkaya Di IndonesiaKota Terkaya Di Indonesia bukan Jakarta ataupun bukan Surabaya atau Bandung. Mungkin kota kota diatas menjadi favorit untuk menjadi kota terkaya di Indonesia. Sudah cukup lama saya tidak berbagi dengan teman teman para pembaca setia tommysyatriadi.blogspot.com kali ini saya akan berbagi tentang kota terkaya di Indonesia.  Belakangan ini saya agak disibukkan dengan optimasi artikel Lagu Galau Barat yang agak jatuh di SERP google.com.


Sama seperti saya menulis artikel negara terkaya di Asia tenggara dan juga negara terkaya di asia maka untuk menentukan kota terkaya di Indonesia akan berdasarkan jumlah perdapatan perkapita yaitu jumlah pendapatan yang dihitung bukan dari total pendapatan kota tersebut saja tapi ada faktor jumlah penduduk di dalamnya. Oleh karena itu Jakarta sekalipun Ibukota dan perkembangannya cukup pesat tapi dengan jumlah penduduk yang padat juga mengurangi pendapatan perkapitanya.


Kota Terkaya Di Indonesia

1. Kota Bontang

Kota Terkaya Di Indonesia 
Kota Bontang adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini tepatnya terletak sekitar 120 kilometer dari Kota Samarinda, berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur di utara dan barat, Kabupaten Kutai Kartanegara di selatan dan Selat Makassar di timur. Letak geografisnya 0.137° LU dan 117.5° BT. (referensi wikipedia bontang)Itulah sekilas tentang kota Bontang  yang merupakan kota terkaya di Indonesia.
Mau tahu seberapa kaya Kota Bontang?? Kota ini memiliki pendapatan perkapita sebesar  Rp.368,05 juta tiap tahunnya. Pendapatan yang sangat besar untuk ukuran Indonesia.. Kalau begitu rata rata bulannya sekitar 30 juta.  Pasti banyak yang bingung dari mana saja penghasilan sebesar ini.
Kota Bontang beruntung karena dianugrahi berbagai kekayaan alam yang ada hingga banyak perusahaan yang berdiri di kota ini. Sebut saja ada 3 perusahaan besar dibidang masing masing diantaranya:

1. Badak NGL  beregak dibidang gas alam
2. Pupuk Kalimantan Timur memproduksi pupuk dan amoniak
3.Indominco Mandiri perusahaan batubara

Serta memiliki berbagai perusahaan lain yang bergerak dibidang industri dan penyediaan jasa juga perdagangan. 

2. Mimika
 Kota Terkaya Di Indonesia
Mungkin banyak tidak banyak yang mengira kalau kota selanjutnya yang menjadi kota terkaya di Indonesia adalah kota yang berasal dari tanah Papua. Kota Mimika kontras dengan keadaan kebanyakan kota di Papua yang masih banyak berada di bawah garis kemiskinan. Kota Mimika memiliki pendapatan perkapita Rp 295 juta perkapita. Jadi tiap bulan sekitar 24 juta rupiah. Pendapatan yang besar ini tentu dikarenakan oleh adanya perusahaan emas terbesar di dunia PT. Freeport yang berasal dari Amerika. PT ini membayar gaji cukup besar walaupun tidak sebanding dengan apa yang mereka terima karena hasil pertambangan emas yang luar biasa. Pegawai freeport dibayar dengan dollar perjamnya yang cukup besar.


3. Jakarta
 Kota Terkaya Di Indonesia
Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia tentu punya tingkat perekonomian yang relatif lebih baik dari daerah yang lain. Dengan akses yang mudah dengan lembaga pemerintahan pusat perekonomian Jakarta tumbuh dengan cepat. Didukung dengan kemajuan teknologi dan juga fasilitas membuat perekonomian Jakarta memiliki kekuatan tersendiri di Indonesia. Banyak sekali bisnis yang berkembang di kota ini dan membuat pendapatan perkapitanya hingga 224 juta pertahun atau sekitar 10 juta perbulannya. Dengan pertumbuhan yang terus menerus berkembang pesat tidak salah kalau Jakarta bisa meningkatkan pendapatan perkapitanya lebih dari itu.


Negara terkaya di Indonesia adalah Bontang yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah dan merupakan komoditi yang sangat dibutuhkan. Ini menunjukkan betapa kaya alam Indonesia . Mimika juga membuktikan kalau di tanah air kita ini terkandung banyak kekayaan yang luar biasa yang sangat bisa bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Kekayaan Jakarta yang ialah ibukota negara Indonesia memang layak karena disanalah pusat dari pemerintahan kita. Namun sayangnya banyak sekali daerah dan kota lain yang sangat buruk perekonomiannya akibat pemerataan pembangunan dan infrastuktur yang kurang di Indonesia ini. Banyak daerah terpencil yang malah semakin terpuruk ditelan zaman. Jakarta sebagai cerminan Indonesia harus bisa dibenahi dari ketidaknyamanan akibat banjir dan kemacetan yang terjadi. Masih banyak Pekerjaan Rumah bangsa ini.

Jika anda punya opini silahkan berkomentar di Kota Terkaya Di Indonesia

Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 13.07

18 comments:

  1. iya dihitung dari rumusan demikian, memang menunjukan kelibihan dari kota-kota tersebut-kota atau daerahnya memang kaya, kaya dengan sumber alam dan industri lainnya, mirisnya kontras dengan pendapatan kebanyakan masyarakat....
    sy pernah tinggal di Bontang, jadi bisa melihat kondisi antara masyarakat miskin dengan orang-orang berduit yang cenderung arogan dengan sekitar.

    betul-betul kontras yang membisu....

    BalasHapus
  2. kota terMISKIN di INDONESIA ....manaaa??....bantuin donk !!!! biar ikutan kaya

    BalasHapus
  3. kok temen saya asal Samarinda malah nyari kerja di Jakarta? agaknya cuma angka saja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih banyak org jakarta ke Kaltim cari makan boss... Jakarta ada apanya saya juga pernah tinggal di Jakarta, Jakarta hanya pengendali kota ruwet dengan kemacetan. Datang ke Balikpapan rapi, angkot aja tertib...

      Hapus
  4. Yang kaya itu perusahaan, karyawan perusahaanya dan kas pemda.Diluar itu ya gak.Itu semua utk kota bontang dan mimika.Tp utk jakarta lebih merata.

    BalasHapus
  5. Itu cuma diatas kertas.Kenyataan jauh bgt.

    BalasHapus
  6. Yg kaya bukanlah penduduknya tapi kota dan perusahaannya, rakyatnya tetep aja UMR...

    BalasHapus
  7. kotanya emang kaya, tapi penduduknya pada kaya kaya ngak?

    BalasHapus
  8. ,kota'y memang kaya. Tp sayang ,kekaya'an'y itu hanya dinikmati oleh aparatur kota'y saja, harus'y khan juga turut di nikmati masyaratkat'y..

    BalasHapus
  9. ,kota'y memang kaya. Tp sayang ,kekaya'an'y itu hanya dinikmati oleh aparatur kota'y saja, harus'y khan juga turut di nikmati masyaratkat'y..

    BalasHapus
  10. semoga makin maju bontang :)


    #hidupmasyarakat bontang

    BalasHapus

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger