Home » , , » Manfaat Dan Contoh Toleransi Beragma

Manfaat Dan Contoh Toleransi Beragma

Manfaat Dan Contoh Toleransi BeragmaManfaat Toleransi Beragama sangatlah banyak dan sangat berperan vital dalam kehidupan sehari-hari.
Pada kesempatan kali ini saya juga akan memberikan sedikit contoh toleransi beragama dalam masyarakat.Sebelum anda lanjut membaca artikel ini alangkah baiknya membaca artikel tentang "Toleransi Beragama".Agar bisa lebih memahami alur dan jalan pikiran dari artikel saya .

Manfaat Toleransi Beragama

1.Menghindari Perpecahan

Manfaat Dan Contoh Toleransi Beragma
Dengan belajar dan melakukan Toleransi Beragama maka kita  juga belajar bagaimana agar bangsa besar kita ini indonesia dapat bertahan lama. Negara kita terbukti sangat peka terhadap isu keagamaan oleh karena itu jika tidak bisa menjaga hubungan baik antara agama. Bahaya besar telah menanti bangsa ini.

2.Mempererat Hubungan

Manfaat Dan Contoh Toleransi Beragma
Dengan toleransi beragama tidak hanya dapat menghindarkan kita dari sebuah perpecahan tapi juga dapat membuat kita lebih solid dalam hubungan kemasyarakatan. Dapat juga bertukar pikiran (bukan berdebat tentang agama yang lebih baik) agar dari hari kehari kehidupan ala multiagama di negara ini menjadi sesuatu yang biasa dan tidak menjadi alasan terjadi pertikaian anatara umat beragama.

3.Mengokohkan Iman

Manfaat Dan Contoh Toleransi Beragma
Semua agama mangajarkan hal yang baik bagaimana  mngatur hubungan dengan masyarakat yang beragama lain. Wujud nyata tingkah laku toleransi akan menunjukkan perwujudan iman keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. 


Contoh Toleransi Beragama

1.Saling Menghormati

Manfaat Dan Contoh Toleransi Beragma
Salah satu contoh toleransi dalam beragama ialah dengan saling menghormati anatar umat beragama. Dengan cara jika ada yang sedang puasa ya setidaknya kita jangan menganggi atau merusak puasanya. Jika ada yang  sedang berdoa tetaplah menjaga ketenangan saat umat lain beribadah.

2.Tidak Menganggu

Manfaat Dan Contoh Toleransi Beragma
Tidak menggu sudah cukup baik untuk mewujudkan toleransi beragama di dalam masyarakat dengan cara jika ada upacara agama lain hendaklah tidak melanggar aturan. Misalnya acaranya nyepi janganlah merusak dengan menciptakan keributan tanpa peduli acara umat lain. 

3.Partisipasi

Manfaat Dan Contoh Toleransi Beragma
Di sini perlu ditekankan pertisipasi tidak berarti anda mengikuti acara agama lain. Contoh paling nyata ialah jika ada Lebaran,Natal dan acar besar agama lainnya apa sih salahnya memberikan selamat kepada mereka. Ini menunjukkan perwujudan iman yang dewasa dalam masyarakat.


Semoga dengan artikel ini kita bisa menerapkan toleransi dalam beragama
Sekian dari saya jika anda ingin melihat artikelbagus yang lainnnya silahkan kunjungi disini
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 12.39

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger