Home » , » Toleransi Umat Beragama

Toleransi Umat Beragama

Toleransi Beragama sangat dibutuhkan apalagi di negara sebesar Indonesia ini.
Sebelum kita bahas toleransi beragama . Kita harus tahu PENGERTIAN TOLERANSI ialah larangan dalam konteks bersosial ,beragama dan berbudaya untuk saling mendiskriminasi .
Kalau begitu dapa kita simpulkan kalau Toleransi Beragama ialah larangan dalam mendiskrimasi agama lain dalam kehidupan umat beragama.

Toleransi Umat Beragama

Dalam artikel saya disini saya telah membahas bahwa sebuah agama yang benar mengajarkan saling menghormati . Termasuk dengan agama lain . Itulah yang akan menjadi dasar sikap TOLERANSI BERAGAMA.

Mengapa kita harus bertoleransi dalam beragama??

Pertanyaan yang sangat mendasar untuk membangun sikap tolerasansi antar umat beragama. Sekarang andai tiap agama tidak saling toleransi tentu akan timbul diskrimanasi kaum mayoritas terhadap minoritas. Kaum yang dianggap kecil akan ditindas baik secara fisik maupun non fisik. Kalau itu sampai terjadi terus-menerus banyak hal buruk akan terjadi seperti perang antar agama dan bahkan bisa memicu antar negara dan benua.

Contoh saja pada perang salib . Tapi selain alasan diatas kita sendiri harus punya kesadaran bahwa tujuan kita beragama sendiri ialah bukan untuk menindas orang lain atau kaum tertentu. Yang menjadi lawan atau musuh tiap agama bukanlah umat beragama lain melainkan Setan. Sadar atau tidak membunuh karena agama ialah berdosa.

Toleransi Umat Beragama Mengapa Terjadi Pertikaian Antar Beragama??

Sudah kita bahas sebelumnya mengapa kita harus bertoleransi terhadap agama lain. Tapi mengapa ya masih terjadi pertikaian antar umat beragama??. Seharusnya semua orang beragama pada dasarnya tidak ingin bertikai dengan siapa pun . Lalu apa yang memicunya. Dari kejadian-kejadian pertikaian antara agama bisa didasari oleh bbeberapa faktor dibawah ini:

1.Perdebatan Agama

Faktanya kita hidup berdampingan dengan umat beragama lain di tempat kita. Terkadang kita bertanya-tanya tentang apa yang mereka lakukan dalam beribadah. Maka muncullah pertanyaan yang beraneka ragam tentang agama lain. Ketika pertyanyaan itu sampai pada orang yang tidak tepat untuk menjawab akan muncul jawaban yang bisa membuat anda berfikiran negatif terhadap agama lain . 

Pada tahap selanjutnya akan timbul perbincangan kecil dengan uumat beragama tapi BIASANYA akan terus berkembang sampai perdebatan tentang agama tentu perdebatan tidak akan selesai karena dasar yang dipegang ialah berbeda. Lalu muncullah logika manusia yang dijadikan dasar menyerang agama lain. Tentu saja menyerang agama lain dengan dasar logika sangatlah tidak relevan karena logika sendiri tidak dapat emngimabangi agama dan logika dan agama berada di dimensi yang berbeda.

2.Provokasi

Terkadang oknum-oknum tertentu yang puny kepentingan memanfaatkan keberagamana umat beragama untuk mencapai apa yang mereka ingingkan oleh karena itu mereka memprovokasi salah satu pihak dan tinggal menunggu perdebatan dan menimbulkan pertikaian


3.Salah tafsir


Banyak sekali juga perdebatan yang dimulai dari salah tafsir kitab suci. Ini lebih berbahaya dari 2 faktor diatas karena setelah salah tafsir mereka punya dasar yang kuat yaitu kitab suci yang ternyata salah tafsir. Oleh karena itu diperlukannya tokoh agama yang baik dan benar untuk meluruskannya. 

Bagaimana cara bertoleransi antar umat beragama??

Toleransi Umat Beragama
Sekarang bagian paling penting yaitu cara bertoleransi antar umat beragama. Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan toleransi terhadap agama lain.
langsung saja contohnya:

1.Menghormati Saat Umat Lain Beribadah

Menghormati saat teman atau siapapun sedang biribadah setidaknya jangan berisik dan merusak suasana beribadah. Berdoalah dengan caramu sendiri.

2.Menghormati Acara Umat Lain

Disaat teman mu sedang puasa usahakan jangan membuatnya membatalkan puasanya hormati dia kalau mau makan ya jangan sampai menganggu puasanya.

3.Tidak Menganggu

Kalau anda tidak bisa menghormati agama lain setidaknya jangan menganggu orang lain beribadah .Itu lebih baik dan merupakan sikap sederhana menjaga hubungan antar umat beragama


Sekian artikel saya semoga dapat menginspirasi untuk selalu teoleran dalam kehidupan beragama ditengah-tengah umat beragama
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 06.00

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger