Home » , » Syarat Paragraf yang Baik

Syarat Paragraf yang Baik

Syarat Paragraf yang BaikSyarat Paragraf yang Baik perlu kita ketahui agar memudahkan kita membuat sebuah paragraf yang baik dan benar. Syarat yang dibutuhkan juga tidak terlalu susah untuk dipenuhi.Sebelumnya saya sudah sedikit menyinggung tentang paragraf di artikel "Unsur-unsur Paragraf" Saya sendiri adalah seorang pelajar yang sedang belajar membuat artikel yang baik dan benar. Oleh karena itu alangkah baiknya kalau kita belajar bersama - sama. Agar hasil yang kita peroleh semaikin baik.


Syarat-Syarat  Paragraf yang Baik


1.Kepaduan Paragraf(Koherensi)

Kapaduan Paragraf membuat paragraf kita ketika dibaca memliki hubungan antara kalimat yang satu dengan yang lain.Dalam mewujudkan Paragraf yang padu dibutuhkan kemampuan merangkai kata-kata dan kalima agar saling berhubungan dan masuk akal.  Dalam pembuatan paragraf yang padu bisa juga digunakan kalimat penghubung agar padu. 

kata penghubung sendiri terdiri atas 2:

1. Kata penghubung intrakalimat : Kata hubung yang menghubungkan anak kalimat dengan induk kalimat
2. Kata penghubung antarkalimat : Kata hubung yang menghubungkan antara 2 kalimat

2.Kesatuan Paragraf

Kesatuan Paragraf adalah dalam suatu paragraf hanya mengandung 1 kalimat utama atau hanay mengandung 1 pokok pikiran. Letak pokok pikiran sendiri biasa diawal paragraf, dan akhir paragraf . Untuk memudahkan kita menentukan atau mencari kalimat utama. Ciri kalimat utama sendiri ialah mempunyai potensi atau bisa diprinci juga diuraikan dan mengandung sebuah permasalahan. Ciri lain yang bisa temukan dari kalimat utama ialah kalimat utama bisa berdiri sendiri tanpa kalimat kalimat pengubung baik intrakalimat maupun antarkalimat.

3.Kelengkapan Paragraf

Sebuah paragraf dikatakan lengkap apabila memiliki kalimat penjelas yang cukup untuk menjelaskan pokok pikiran yang terkandung didalam kalima utama. Biasanya kalimat penjelas berupa perincian kasus atau masalahdari kalimat utama. 

Sekian penjelasan tentang Syarat Paragraf yang Baik.





Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 12.31

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger