Home » » Manfaat Agama

Manfaat Agama

Manfaat AgamaManfaat Agama adalah tentunya untuk mengembangkan kehidupan rohani kita ke arah yang lebih baik. Tapi pada umumnya kita hanya tahu sedikit tentang betapa besarnya manfaat dari agama. Bahkan banyak yang tidak tahu manfaat dari agama sehingga tujuan dan kegunaan agama menjadi kurang tampak dalam kehidupan sehari hari.



Coba Pikirkan Mengapa Ada Pelajaran Agama Di Sekolah?? Lalu mengapa tiap agama punya organisasi dan pengikut yang begitu fanatik yang rela melakukan apa saja demi agama??? Bagaimana bisa agama menjadi alasan peperangan besar terjadi??? Bagaimana bisa agama salalu menjadi pertimbangan kebanyakan orang di dunia?
Kalau agama tidak punya manfaat yang besar tentu tidak dapat berpengaruh seperti hal hal diatas. Itulah yang kita akan kupas pada hari ini....

Arti Agama

Agama berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri atas a dan gama. a berarti tidak dan gama berarti kacau. Secara harafiah agama berarti tidak kacau . Agama adalah peraturan peraturan yang membuat kehidupan manusia tidak kacau.



Manfaat Agama

1.Agama Memberikan Contoh Hidup Yang Baik


Dari zaman ke zaman orang selalu mencari sosok atau panutan kehidupan mereka sebelum ada agama tentu raja dan orang berkuasa menjadi panutan. Tapi sejak ada agama dan ajarannya mulai muncul kepercayaan untuk bertindak secara baik dan mencontoh cara hidup yang baik.

2.Agama Tempat Banyak Profesi Muncul


Ini adalah manfaat yang timbul secara tidak langsung banyak profesi muncul seperti pemuka agama, pelayan umat, organisasi agama dll. Banyak orang yang hidupnya tergantung pada agama ini juga menjadikan agama salah satu aspek yang sangat berpengaruh terhadap sistem sosial..

3.Agama Menjadi Tempat Berlindung Dari Hal Duniawi


Ketika sesorang gagal dalam berjuang atau menghadapi masalah duniawi yang besar seperti hutang,kekerasan dll agama menjadi jalan keluar yang selalu dicari agama sebagai penghubung antara manusia dan Tuhan menjadi kunci untuk melewati masalah masalah duniawi.

4.Agama Selalu Punya Cara


Ketika seseorang sedang frustasi mengahadapi sebuah masalah dan ketika ia datang untk belajar agama. Di dalam ajaran tiap agama selalu ada cara untuk keluar dari masalah yang ada, Agama selalu hadir untuk mewujudkan apa yang kita pikir tidak mungkin terjadi.

5.Agama Bersifat Mendidik


Satu hal yang menjadi manfaat Agama adalah agama berdifat mendidik tiap orang yang mempelajari dan mengikuti aturan aturan untuk mengubah manusia menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Ini adalah yang menjadikan agama salah satu tolak ukur wajib dalam proses pembelajaran siswa di sekolah pada umumnya.

6.Agama Mengenalkan Kita Dengan Sosok Tuhan


Dimana lagi kamu akan mengerti tentang Tuhan dan mengenal-Nya lebih dalam lagi kalau tidak lewat agama? Di dalam agam kita akan dikenalkan dengan Sosok Tuhan yang luar biasa dapat merubah pandangan hidup kita. Banyak yang tidak punya tujuan hidup tapi setelah mengenal Tuhan lewat agama tujuan hidup mereka menjadi jelas.

7.Agama Mengenalkan Baik dan Jahat

Agama menjelaskan pada kita apa itu baik apa itu jahat dan bagaimana melakukan tindakan baik dan apa saja tindakan jahat yang harus dihindari. Agama mensugestikan setiap manusia untuk berbuat tindakan yang baik dan tentunya agama menjelaskan akibat dari perbuatan baik dan hukuman dari perbuatan jahat. Olehkarena itu banyak orang yang ingin melakukan tindakan benar yang dijelaskan dalam Agama.


Sebenarnya masih banyak manfaat agama yang berguna dan sangat bermanfaat tapi saya hanya tahu  7 manfaat diatas. Mungkin ada yang menambahkan(lewat komentar

) tentang Manfaat Agama
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 14.16

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger