Home » » 4 Minuman Khas Betawi

4 Minuman Khas Betawi

4 Minuman Khas Betawi
Minuman khas Betawi cukup beragama dan cukup terkenal karena punya citarasa dan keunikan tersendiri. Minuman khas betawi tentu menjadi hidangan khas yang sangat dicintai oleh masyarakatnya dan menjadi pelengkap hidangan makanan khas betawi. Betawi sendiri adalah suatu suku bangsa Indonesia yang menetap di daerah Jakarta.


Minuman Khas Betawi juga menambah keanekaragaman kuliner khas Indonesia sebelumnya minuman khas Indonesia yang pernah saya bahas seperti Minumana Khas Riau dan ada juga minuman khas jawa. Dengan artikel minuman khas betawi ini diharapkan para pembaca sadar akan kaya nya budaya Indonesia dan menjadi punya rasa tannggung jawab untuk menjaga budaya yang sangat kaya ini.


 Minuman Khas Betawi

1. Es Doger

4 Minuman Khas Betawi
Kalau diperhatikan banyak sekali minuman khas Indonesia yang berupa es ataupun jus. Salah satunya adalah ES Doger yang berasal dari Betawi ini. Tentu saja minuman yang satu ini sangat tepat untuk dijadikan santapan disaat cuaca sedang panas ataupun situasi yang gerah.  Minuman yang satu ini juga biasanya dijadikan santapan saat acara acara besar seperti pernikahan ataupun ulang tahun. Es Doger ini berbahan dasar tape singkong, ketan hitam rebus, pacar cina rebus, buah alpukat. Bentuk dan rupanya hampir sama seperti es campur begitualah kurang lebih minuman yang satu ini.

2. Bir Pletok

4 Minuman Khas Betawi
Minuman Khas Betawi yang satu ini merupakan salah satu minuman khas betawi yang cukup terkenal. Mungkin yang ada di benak kita ketika mendengar bir minuman ini pasti berbahaya untuk kesehatan kita. Namun jangan salah minuman yang satu ini malah menyhatkan bagi tubuh kita. Penamaan bir pada minuman ini didasari karena minuman ini berbusa . Minuman ini sangat disarankan untuk dikonsumsi karena tebuat dari rempah rempah alami yang bisa menyehatkan tubuh. Bahan utama untuk membuat bir pletok adalah jahe dan kapulaga. Satu lagi yang menjadi keunggulan bir pletok adalah enak dikonsumsi disaat panas maupun dingin.

3. Es Kolang Kaling

4 Minuman Khas Betawi
Minuman yang satu ini juga tidak kalah populer. Es ini sangat segar untuk dihidangkas saat cuaca sedang panas. Warna nya yang beraneka ragam juga menambah keunikan minuman yang satu ini. Kolang Kaling di Betawi punya sebutan buah Atep yang warnanya bening. Es Kolang Kaling ini berbahan dasar Buah Atep atau Kolang Kaling yang ditambahkan dengan gula pewarna dan juga beberapa bahan tambahan yang lain. 


4.Es Teler

4 Minuman Khas Betawi
Minuman ini juga sangat terkenal hingga kemana mana. Banyak sekali tukang bakso ataupun pedagang kaki lima yang menawarkan minuman khas Betawi yang satu ini. Minuman ini sangat digemari karena memiliki citarasa yang sangat menyegarkan dengan banyak buah buah di dalamnya. Ada cerita unik yang di dapat dari penamaan Es Teler ini. Es ini dahulu dikembangkan sudah kira kira sejak 37 tahun yang lalu oleh pasangan suami istri Tukiman dan Samiyem yang pada awalnya memberi nama es ini es nagih. Namun berasal dari celetukan seorang pelanggan yang berkata "Wah, es ini enak sekali, bikin orang teler!". Akhirnya nama untuk minuman ini berganti menjadi Es Teler.


Itulah 4 Minuman khas Betawi yang cukup terkenal. Jika anda tertarik dengan budaya betawi silahkan mengunjungi website ini . Budaya betawi sangat menarik dan kental di masyarakat Jakarta.dan tentunya budaya ini perlu dilestarikan karena in imerupakan warisan yang berharga yang tak ternilai harganya. Jika anda cinta dengan Minuman Khas Betawi Silahkan berkomentar atau beri masukan.
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 18.19

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger