Home » » Makanan Khas Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka Belitung

Makanan Khas Bangka BelitungMakanan khas Bangka Belitung menjadi topik saya setelah 2 hari ini tidak update dan sibuk mencari backlink untuk artikel "lagu galau korea" untuk bersaing di SERP. Hasilnya sudah lumayan dan sekarang saatnya saya berbagi kembali tentang makanan khas Bangka blitung kepada para pembaca. Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi para pembaca.

Makanan Khas Bangka Belitung memiliki keunikan tentunya. Provinsi yang berada di kepulauan ini memiliki hasil laut yang melimpah. Dengan hasil laut yang melimpah makanan khas Bangka Belitung juga banyak yang merupakan hasil dari olahan laut mereka. [ DUMK8GVZEWJ3 ]


Makanan Khas Bangka Belitung

1. Lempah Kuning

Makanan Khas Bangka Belitung

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya kalau Bangka Belitung punya hasil sumber daya laut banyak maka banyak juga hasil olahan makanan yang bisa dihasilkan dari bahan ikan udang cumi sotong dll. Lempah Kuning ini berbahan dasar ikan biasanya ikan tengiri bisa diganti ataupun berbahan dasar daging. Rasa yang nikmat dari Lempah Kuning sendiri berasal dari beberapa bumbu seperti kunyit, bawang putih, lengkuas, serai, gula dan garam dan kadang ditambahkan dengan nanas atau mangga.

2. Getas atau Kemplang atau Kretek

Makanan Khas Bangka Belitung
Cemilan in merupakan makanan khas Bangka Belitung yang juga memiliki bahan dasar dari hewan laut yaitu ikan Tenggiri, garam, bumbu pneyedap dan juga tepung tapioka . Makanan ini mudah ditemukan di toko toko di Bangka. Bahkan produksi makanan khas ini juga sudah menjadi pendapatan tambahan yang dikerjakan oleh ibu ibu di Bangka Belitung.

3.Kericu

Makanan Khas Bangka Belitung
Makanan khas Bangka Belitung yang satu ini ternyata punya gizi yang sangat tinggi.  Selain bergizi tinggi makanan ini juga punya rasa yang enak. Makanan ini banyak dijadikan sebagai penghasilan tambahan yang biasanya diproduksi di rumah rumah penduduk. Bahan untuk membuat makanan ini adalah telur cumi cumi, sagu, telur ayam, garam dan bumbu penyedap.

4. Rusip

Makanan Khas Bangka Belitung
Makanan khas bangka belitung yang selanjutnya adalah Rusip. Makanan ini juga merupakan makanan hasil olahan hasil laut. Makanan ini juga sudah menjadi makanan tradisional masyarakat setempat. Makanan ini biasanya dijadikan lalapan atau juga pengganti sambal. Rusip dibuat dengan cara memfermentasikan ikan teri.

5. Pantiaw

Makanan Khas Bangka Belitung
Nama makanan yang satu ini cukup unik Pantiaw. Makanan ini bentuknya seperti mia atau bisa juga dibilang seperti laksa tapi bentuknya berbeda. Makanan ini bisa dengan mudah kamu temukan kalau sedang ada di Bangka Belitung. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai makanan selingan. Bahan utama untuk pembuatan makanan yang satu ini adalah sagu dan juga tepung beras.


Itulah 5 contoh makanan khas Bangka Belitung yang punya keunikan rasa tersendiri sekaligus juga mewakilkan daerah tersebut yang kaya akan sumber daya lautnya. Jika sedang berkunjung atau liburan ke Bangka Belitung tidak ada salahnya kan mencoba makanan khas bangka Belitung.


 
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 15.14

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger