Sponsor

Bantu saya vote +1 pada tombol google plus di bawah!!

×

Sponsor

Home » » Peran Orangtua Untuk Kesuksesan Anak

Peran Orangtua Untuk Kesuksesan Anak

Peran Orangtua Untuk Kesuksesan AnakPeran Orangtua tentu sangat penting bagi perkembangan anak mulai si anak kecil lalu menjelang anak anak setelah itu beranjak remaja lalu mulai masuk dalam lingkungan kerja. Kebanyakan orangtua tentu sudah berfikir bagaimana anaknya kelak akan bekerja apa dan hal hal positif tentang anaknya. Banyak juga yang sudah merencanakan kesuksesan anaknya masing masing dengan menyiapkan modal atau rencana tempat pendidikan dan masih banyak yang dilakukan orang tua agar anaknya kelak menjadi orang  yang berguna.


Peran Orangtua yang sangat vital ini tentu jika salah langkah akan membuat kesuksesan anak menjadi terhambat. Oleh karena itu menjadi orang tua yang bijak adalah pilihan orangtua terbaik di dunia...


Peran Orangtua Untuk Kesuksesan Anak



1.Mengarahkan Anak


Orangtua sangat berperan dalam mengarahkan minat dan bakat anak agar si anak bisa menemukan minat yang sesuai dengan bakatnya. Tiap orang punya bakat yang unik kalau anda yang memiliki peran orangtua punya bakat menyanyi mungkin anak anda juga punya bakat itu tapi ingat itu belum pasti. Banyak sekali orangtua yang memaksakan anaknya untuk mengikuti jalan atau profesi yang sama seperti orangtuanya. Tentu dengan paksaan yang berlebihan anak bisa menjadi tertekan dan malah bakat yang terpendam dalam dirinya akan sulit untuk berkembang. Kalau bakat sebenarnya belum keluar akan lebih susah untuk menjadi orang yang sukses kelak.

2. Sebagai Panutan

Orangtua yang sukses mendidik anaknya bukan mengajarkan bagiamana cara menjadi orang yang sabar tapi orangtua yang baik menunjukkan contoh dalam tindakan nyata bagaimana menjadi orang yang sabar. Tentu ajrang tanpa tingkah laku yang mendukung hanya akan menjadi angin lalu bagi anak anak. Apalagi kalau apa yang  diajarkan malah dilanggar sendiri. Seperti jika seorang ayah mengajarkan pada anaknya untuk selalu sabar tapi si ayah sendiri adalah seorang pemarah. Tentu ayah seperti ini bukan teladan yang baik bagi anaknya.

3. Membentuk Lingkungan

Orangtua juga sangat ber peran penting dalam membentuk  lingkungan si anak. Jika orangtua terus mengatakan si anak boddoh dan tidak mampu apa yang akan terjadi?? tentu itu akan tertanam di alam bawah sadarnya kalau ia adalah anak yang bodoh dan tidak bisa apa apa. Mental seperti ini akan sulit sekali bersaing kelak mental yang mudah menyerah dan tidak kreatif. Tapi kalau saja orangtua lebih bijak dan terus menciptakan kondisi yang kondusif untuk perkembangan baik fisik maupun mental anak maka kelak mentalnya pasti lebih baik dan siap menghadapi banyak tantangan.

4.Memilihkan Sekolah

Jelas orangtua sangat berperan disini. Anak kecil yang tidak tahu banyak hal tentu tidak bisa langsung memilih sekolah yang tepat. Anda sebagai orangtua harus bisa mempertimbangkan mana sekolah yang paling tepat untuk anak anda. Pertimbangkan kualitas atau lingkungan yang akan anak anda hadapi di sekolah tertentu. Karena tentunya setiap sekolah punya lingkungan yang berbeda beda tentunya.

5.Membimbing Anak

Ini juga salah satu tugas wajib orangtua yaitu membimbing anaknya. Banyak orangtua yang salah kaprah dengan bukannya membimbing tapi mendikte si anak. Ini kurang baik karena karakter dan sifat tiap orang berbeda kalau terus menerus didikte si anak tidak akan menjadi dirinya sendiri melainkan hanya menjadi boneka si orangtua. Si anak tidak punya jati diri ini sangat tidak baik karena tiap orang apalagi dalam masa perkembangan remaja mereka menjadi jati diri mereka masing masing. Jika terus didikte tentu pilihan hanya 2 kalau tidak hilangnya jati diri si anak atau si anak akan melawan orangtua.


Menjadi orangtua terbaik adalah pilihan semua orangtua di dunia. Menjalankan peran orangtua adalah salah satu kunci kesuksesan bagi seorang anak. Jika ada pertanyaan atau masukkan seilahkan komentar di "Peran Orangtua Untuk Kesuksesan Anak"



Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 09.48

0 comments:

Poskan Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger