Home » , , » Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Jambi

Makanan Khas JambiMakanan Khas Jambi merupakn lanjutan artikel saya tentang makanan khas indonesia dan artikel makanan khas yang lainnya.. Jambi sendiri memiliki berbagai makanan khas yang enak sekali.  Jambi sendiri terletak di Provinsi Jambi di Pulau Sumatra . Jadi jika inign berkunjung ke Jambi jangan lupa coba makanan khas Jambi.
Dijamin deh gk bakal nyesel. Bagi yang belum tahu apa aja kuliner khas Jambi yang enak dan terkenal liat aja di bawah ini



Makanan Khas Jambi:


1.Nasi Minyak


Makanan Khas Jambi yang berbahan dasar nasi ini sekilas jika dilihat memiliki kemiripan dengan nasi kuning. Makanan yang satu ini sering disajikan bersama dengan daging. Nasi Minyak Di  buat dengan bahan dasar nasi lalu dicampur dengan susu segar dan juga dengan bumbu-bumbu khas yang berasal dari Arab seperti kayu manis dan cengkih. Tentu karena bangsa arab pernah diam dan tinggal cukup lama di daerah Jambi. Minyak yang digunakan dalam Nasi minyak adalah minyak murni dari lemak hewan.Biasanya lemak yang diambil dari hewan seperti sapi kambing ataupun ayam. Pada zaman dahulu makanan ini dperkenalkan oleh bangsa Arab yang datang ke Jambi . Lalu makanan ini terus berkembang dan menjadi makanan khas Jambi.

2.Mie Celor


Makanan Khas Jambi ini cukup terkenal seperti Nasi Minyak atau Nasi Gemuk. Mie ini bisa menjadi maskot Jambi. Makanan Khas Jambi ini terbuat dari tepung terigu pilihan yang diracik dengan adonan khas menjadikan mie ini punya cita rasa yang enak. Makanan ini biasanya ditambahi sayuran seperti tauge dan daun sop yang sebelumnya dimasukkan ke air mendidih. Sealin itu sering dijumpai mie celor yang divariasikan dengan irisan daging ayam atau pun sapi. Enak banget deh..

3.Tempoyok


Makanan Khas Jambi yang bernama Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk teman nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung (hal ini jarang sekali dilakukan, karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri) dan dijadikan bumbu masakan.



4.Bolu Kojo


Makanan Khas Jambi yang satu ini mulai sulit ditemukan .Oleh karena itu kita harus mulai mengenal makanan ini dan melestarikannya..
Agar lebih mudah berikut resepnya:


Bahan -Bahan membuat Bolu Kojo



  • 1 Gelas  Telor 
  • 1 gelas gula
  • 1/2 gelas santan kental
  • 1/2 gelas air perasan pandan & suji
Cara Membuat Bolu Kojo
  • Kocok dgn tangan telor, tambahkan gula, stlh gula hancur
  • Masukkan air perasan daun pandan & suji + santan kental
  • Pelan2 masukkan terigu, aduk rata tp jgn dikocok lg.
  •  Pnskn loyang, DGN API KECIL oleskan sedikit sj mentega, ke tiap cetakan
  • Tuangkan sedikit2 (bsa pke sendok besar) ke tiap cetakan, tutup loyang.
  • Intip & angkat jika sdh coklat & matang


Sekian artikel saya tentang Makanan Khas Jambi  semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca


Baca Juga Makanan Khas Indonesia Berikut:

1.Makanan Khas Indonesia
2.Makanan Khas Yogyakarta atau Jogja
3.Makanan Khas Garut
4.Makanan Khas Tegal
5.Makanan Khas Balikpapan
6.Makanan Khas Jambi




Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 16.08

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger