Sponsor

Bantu saya vote +1 pada tombol google plus di bawah!!

×
Home » » Panjang Pendek Paragraf

Panjang Pendek Paragraf

Panjang Pendek ParagrafPanjang Pendek Paragraf mungkin selalu berbeda dan kadang malah membingunkan berapa panjang sih paragraf yang ideal. Sebelum melanjutkannya saya sarankan belajara tentang paragraf lain seperti disini dan berbagai artikel di blog ini yang semoga berguna. Kali ini saya akan mencoba menjawab kebingungan pembaca tentang panjang pendeknya paragraf
Kali ini saya akan membahas apa saja yang mempengaruhi panjang pendeknya suatu paragraf


Panjang Pendek Paragraf

1.Topik


Topik sebuah paragraf tentu sangat menentukan panjang pendeknya paragraf. Kalau topik pembicaraannya banyak yang mau disampaikan tentu paragraf akan lebih panjang. Sebaiknya sebagai seorang penulis yang baik topik yang bisa dipisahkan ke paragraf selanjutnya sebaiknya dipindahkan agar tidak terlalu panjang.

2.Cara Pandang Penulis

Cara pandang penulis membaca situasi dan kondisi pembaca juga cukup mempengaruhi panjang pendeknya suatu paragraf. Penulis yang baik tahu dengan tema yang ia buat siapa yang akan dibaca dan sebaiknya menggunakan pemilihan kata yang tepat. Contoh : Seorang penulis karangan anak anak sebaiknya tidak menggunakan paragraf yang terlalu panjang dengan diksi yang sulit karena pembacanya belum tentu mengerti dan nyaman dengan bacaannya. 

3.Jenis Karangan

Jenis karangan sangatlah berpengaruh terhadap panjang pendeknya suatu paragraf. Mislanya paragraf fiksi dan non fiksi . Pada paragraf non fiksi biasanya lebih panjang daripada paragraf fiksi . Hal ini biasanya disebabkan oleh fakta yang harus disampaikan dalam paragraf tersebut tidaklah sedikit.


Sekian sedikit pembahasan mengenai Panjang Pendek Paragraf
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 20.01

0 comments:

Poskan Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger