Home » » Fungsi Paragraf

Fungsi Paragraf

Fungsi ParagrafFungsi Paragraf perlu kita pelajari dalam rangka belajar tentang pengembangan paragraf dan cara menulis paragraf yang baik dan benar. Seblumnya alangkah baiknya kalau yang membaca artikel ini belajar tentang
"Unsur Paragraf yang Baik" "Syarat Paragraf yang Baik" dan tentu saja "ciri-ciri paragraf".

Setelah paham dan mengerti tentang beberapa bahasan saya tentang paragraf saatnya sekarang kita lanjutkan ke bahasan tentang fungsi sebuah paragraf.

Fungsi Paragraf:

1.Menampung Ide Pokok

Fungsi dari paragraf yang pertama adalah sebagai penampung sebuah ide pokok. Sudah kita pelajari sebelumnya bagaimana ciri-ciri paragraf. Sekarang kita tahu bahwa paragraf berfungsi untuk menampung berbagai ide pokok sang penulis.

2.Membantu Memahami Isi

Fungsi paragraf kali ini ialah sebagai sarana yang membantu para pembaca memahami isi. Kalau saja tidak ada paragraf pasti para pembaca akan sulit membedakan kapan sang penulis memberikan ide pokok yang berbeda.

3.Membantu Menguraikan Masalah

Selanjutnya paragraf juga berfungis sebagai sarana yang membantu penulis untuk menguraikan masalah . Paragraf juga dapat membantu penulis mengembangkan semua ide yang ada  agar terurai secara jelas dan sistematis agar dipahami oleh pembaca.

4.Memulai Pokok Pikiran Baru

Ini ada sedikit hubungan dengan funsi paragraf nomer 2 . Paragraf membantu penulis dan pembaca membedakan ide pokok satu paragraf dengan paragraf lain. Sehingga tujuan para penulis tersampaikan secara baik. 



Setelah kita membahas tentang fungsi paragraf kita mendapatkan kalau fungsi paragraf sangat berperan penting dalam proses penyampaian informasi oleh karena itu kita harus belajar tentang paragraf dan tentu saja Fungsi Paragraf 
Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 18.38

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger