Home » » Makanan Khas Bogor Lengkap

Makanan Khas Bogor Lengkap

Makanan Khas yang akan dibahas kali ini adalah makanana khas yang berasal dari Bogor yang akan dibahas secara lengkap dan detail. Sebelumnya sempat ada artikel makanan yang lainnya seperti Makanan Khas Bangka Belitung , Makanan Khas Gresik dan ada juga Makanan Khas Pekanbaru yang tentunya tidak kalah enak dan nikmat juga unik.

Makanan Khas Bogor Lengkap
Makanan Khas Bogor memang banyak terpengaruh dengan budaya makanan sunda. Karena memang di Bogor banyak orang Sunda . Kota Bogor cukup dekat dengan Jakarta sehingga akses ke Ibukota sehingga kota Bogor juga tergolong sebuah kota maju.

Makanan Khas Bogor

1. Roti Unyil

Makanan Khas Bogor Lengkap
Namanay cukup unik juga. Mungkin nama dari jenis makanan khas yang satu ini terinspirasi dari tokoh unyil yang sangat terkenal. Bentuknya yang kecil membuat roti ini menjadi lebih spesial. Alasan diberi nama unyil adalah karena bentuknya yang hanya perlu sekali suap untuk menghabiskannya tentu jadi ciri khas tersendiri.
Makanan ini biasanya dijadikan makanan oleh oleh untuk keluarga dirumah.


Cara Membuat Roti Unyil:


Siapkan:
Tepung Terigu
Gula Pasir
Kuning Telur
Susu Cair
Air Es
Fermipan
Soft Alfaga
Susu Bubuk

Cara Pembuatan:


Bulatkan tepung dan tinggalkan selama 15 menit. Lalu bentuk dan isi sesuai selera anda masing masing.  Diamkan sampai mengembang lalu panggang di suhu 200 derajat Celsius selama 15 menit langkah terakhir tambahkan olesan margarin diatasnya

2. Asinan Bogor

Makanan Khas Bogor Lengkap

Makanan ini mungkin adalah yang peling tekenal dibanding yang lain. Proses pembuatannya biasanya di asinkan dengan garam atau di asamkan dengan cuka. Warna kuah asinan bogor biasanya merah. Bahan untuk membuat Asinan Bogor biasanya sayuran dan buah buahan. Makanan khas yang satu ini punya rasa yang khas yaitu pedas tapi juga asam.



Cara Membuat Asinan Bogor:


Siapkan :
Cabai Merah 
Gula Pasir
Asam Jawa
Garam
Cuka

Cara Pembuatan:


Rebus semua bahan kecuali cuka. Setelah mendidih biarkan tetap di tempat selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu angkat dan biarkan untuk menunggu agak dingin setelah itu tambahkan cuka dan aduk dengan rata.


3. Mie Golosor

Makanan khas Bogor satu ini biasanya dijadikan makanan untuk berbuka puasa bagi umat muslim di Bogor. Biasanya mie ini agar lebih nikmat rasanya dijasikan dengan sambal kacang, gorengan dan juga Kerupuk Mie. Makanan ini berwarna kuning keemasan dan berbahan dasar tepung singkong dan campuran kunyit.




Cara Membuat Mie Golosor:

Siapkan:
Mie Gelosor
Bawang Merah
Bawang Putih
Merica
Garam
Minyak
Bawang Goreng

Cara Pembautan:

Haluskan bawang merah , bawang putih dan juga merica. Rebus Mie Golosor sebentar saja lalu tiriskan.  Tumis dulu bumbu bumbu yang ada lalu masukan mie kedalamnya. Masukan garam dan aduk hingga rata.

4.Gepuk Karuhun

Makanan Khas Bogor Lengkap
Naman Makanan Khas bogor ini cukup unik tapi punya arti yang bagus. Karuhun  yang ada dalam nama makanan ini berasal dari bahasa sunda yang berarti leluhur. Makanan ini memang resepnya diturunkan turun temurun dari generasi ke generasi yang lain. Gepuk Karuhun ini pada umumnya disebut empal cuma yang membedakannya ialah pengolahan dan karena resepnya menggunakan resep yang turun temurun.

untuk resep makanan ini saya belum menemukannya mungkin karena resepnya diwariskan secara turun temurun tapi kalau ada pembaca yang tahu mohon infonya ..

5.Toge Goreng


Makanan Khas Bogor Lengkap
Makanan khas yang satu ini memang namanya Toge Goreng namun pada proses pembuatan sebenarnya makanan ini sama sekali tidak digoreng melainkan direbus dengan menggunakan wajan dan serok dengan air yang sedikit. Makanan yang satu ini berbahan dasar toge, mie kuning, tahu goreng dan juga ketupat.




cara membuat toge goreng:


Siapkan:
Mie kuning
Toge
Oncom
Tauco
Daun bawang
Air
Minyak
Garam 
Gula pasir 
Bawang  merah
Bawang putih

cara pembuatan:

Tumis bawang merah dan putih yang sudah dihaluskan. Tambahkan Oncom, Tauco dan juga Daun Bawang. Setelah agak layu masukkan air agar kental. Masukan garam,kecap setelah rasanya pas tambahkan garam dan gula.



Demikian adalah makanan yang merupakan makanan khas Bogor semua punya rasa yang unik dan tentu saja nikmat untuk di nikmati. Jangan lupa mencobanya saat berkunjung ke Bogor. Bagi penduduk atau orang Bogor yang ingin menambahkan silahkan beri masukan di kolom komentar artikel Makanan Khas Bogor Lengkap

Share this article :
Posted by: Tommy Syatriadi
Blogger Surabaya, Updated at: 04.00

1 comments:

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger